MUI Garut 2016 Prioritaskan Penyelenggaraan Kaderisasi Keulamaan

0
42 views

Ilustrasi Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Sabtu, 21/11 – 2015 ).

KH Drs Agus Muhammad Soleh.
KH Drs Agus Muhammad Soleh.

Ketua “Majelis Ulama Indonesia” (MUI) Kabupaten Garut KH Drs Agus Muhammad Soleh menyatakan, kini kian sangat dibutuhkan figur setiap ulama yang bisa membaca termasuk menerjemahkan “tanda-tanda” zaman.

Sehingga agenda utama seluruh jajaran keluarga besar lembaganya pada 2016 mendatang, antara lain memprioritaskan agenda penyelenggaraan kaderisasi “Keulamaan”.

“Tuntutan pada ulama saat ini, beda dengan kondisi ulama dahulu. Sekarang selain mendalami pemahaman mengenai keagamaan, juga sekaligus memiliki pengetahuan luas atawa berintelektual tinggi,” imbuh Agus Muhammad Soleh kepada Garut News di ruang kerjanya, Sabtu (21/11-2015).

Menyusul keluarga besar MUI kabupaten setempat pada momentum Ramadhan 1436 H (2015) lalu, juga di antaranya telah menyelenggarakan kaderisasi ulama muda (Da’i dan Diniyah) se kabupaten, dengan perwakilan dari setiap seluruh 42 wilayah kecamatan.

Pada setiap kecamatan itu, terdapat dua peserta putra dan putri perwakilan kadedirisasi tersebut, berlangsung selama dua hari, Ahad dan Senin (14-15/06-2015) di Islamic Center Garut.

Didesak pertanyaan Garut News tentang kuatnya indikasi dekadensi moralitas beberapa kalangan birokrat di lingkungan Pemkab, Ketua MUI Garut menyerukan menjadi pekerjaan rumah bersama dalam membangun moralitas, maupun insan berakhlak mulia.

Dirinya pun, mengapresiasi positip semakin menguatnya dukungan Dewan Pimpinan Harian MUI Kabupaten Garut, mencalonkan kembali dirinya pada Musda MUI kabupaten pada Desember atau Januari 2016, agar melanjutkan kepemimpinan MUI kabupaten setempat periode 2015-2020.

Dikemukakan KH Agus Muhammad Soleh, kesediaan melanjutkan kepemimpinannya tersebut, karena pengabdian itu tak mengenai lelah, tandasnya.

*******