Minat Baca Pelajar Cisewu Garut Sangat Rendah

0
17 views
Risna Harapkan Kunjungan Mobil Unit Perpustakaan Keliling.

Garut News ( Selasa, 31/10 – 2017 ).

Risna Harapkan Kunjungan Mobil Unit Perpustakaan Keliling.

********** Minat baca kalangan pelajar di wilayah Kecamatan Cisewu Garut, Jawa Barat, hingga kini masih sangat rendah. Mereka cenderung lebih menyukai telepon genggam daripada ragam buku bacaan.

Kondisi memprihatinkan itu, juga diperparah masih banyaknya kalangan orangtua murid yang selama ini kurang bahkan tak mendukung putra putrinya untuk gemar membaca.

Sedangkan faktor lain, di antaranya dampak pengaruh lingkungan pergaulan para kaula muda yang lebih banyak memanfaatkan waktu untuk bermain, malahan tak sedikit pula anak muda yang kerap menenggak minuman keras maupun miras.

Berdialog Langsung Dengan Petugas Perpustakaan Kabupaten Garut.

*********** Demikian informasi berhasil dihimpun Garut News, yang antara lain diakui pula salah satu pengajar SMAN 12 Garut di Cisewu, Risna, S.Pd.

Ditemui di Gedung Pendopo Kabupaten Garut, Selasa (31/10-2017), dia katakan masih kurangnya minat baca itu menjadikan dirinya acap menggiring para murid mengunjungi perpustakaan sekolah, dengan cara memberikan tugas pelajaran.

Selain itu, mewajibkan setiap murid agar menyusun sinopsis untuk setiap buku pelajaran yang dibacanya, maupun ditugaskan mempresentasikan buku pelajaran yang dibaca maupun dipelajarinya ini.

Sedangkan koleksi buku di perpustakaan sekolahnya pun masih banyak mengalami kekurangan, hanya 200 ekslemplar dari pelbagai judul buku.

Sehingga secara online mengajukan peremohonan bantuan buku ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Garut, termasuk mengajukan permohonan bantuan buklu ke pusat.

Risna, Guru Bahasa Indonesia lulusan “Universitas Pendidikan Indonesia” (UPI) Bandung tersebut, mengemukakan harapan sekolahnya bisa sering mendapatkan kunjungan petugas beserta mobil unit perpustakaan dari kabupaten, supaya banyak kalangan masyarakat dan pelajar di Cisewu dapat termotivasi memiliki minat baca yang tinggi, imbuhnya.

Dia pun merencanakan segera menyampaikan surat permohonan ke pihak Perpustakaan Kabupaten setempat, agar sekolahnya bisa dikunjungi petugas pustaka bersama mobil unit perpustakaan keliling.

SMAN 12 Garut di Cisewu berjarak mencapai 100 kilometer lebih, dengan waktu tempuh hingga lima jam lamanya.

**********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.