Meski Kerap Diguyur Hujan, Pasar Guntur Kian Berbenah Diri

0
102 views
Akhmad Wahyudin Menata Pengecetan Sekaligus Memonitor Perkembangan Harga Ragam Komoditi.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 09/11 – 2016 ).

Akhmad Wahyudin Menata Pengecetan Sekaligus Memonitor Perkembangan Harga Ragam Komoditi.
Akhmad Wahyudin Menata Pengecetan Sekaligus Memonitor Perkembangan Harga Ragam Komoditi.

Meski nyaris sejak beberapa pekan terakhir ini kerap diguyur hujan, namun komplek pasar Induk Guntur Ciawitali Garut, Jawa Barat, kian berbenah diri.

Selain dimaksudkan bisa semakin meningkatkan daya saing, juga agar suasana pada pasar tradisional itu dinamis sekaligus senantiasa memberi kenyamanan bagi setiap seluruh pedagang, beserta para konsumennya masing-masing.

Demikian dikemukakan Kepala UPTD pasar tersebut, Akhmad Wahyudin, SE disela kesibukannya menyelenggarakan ragam upaya penataan, kebersihan, termasuk pengecetan kios di pasar rakyat itu, Rabu (09/11-2016).

Senantiasa Membangun Kebersamaan Antar Selkuruh Pedagang.
Senantiasa Membangun Kebersamaan Antar Seluruh Pedagang.

Dikemukakan Akhmad Wahyudin, kondisi cuaca yang selama ini kerap diguyur hujan juga antara lain berdampak pada berkurangnya pasokan mata dagangan sayur-mayur, sehingga acap menyebabkan terjadinya kenaikan harga.

Di antaranya cabai merah gepeng kini harganya menjadi bertengger pada kisaran Rp50 ribu per kilogram, dari sebelumnya bisa diperoleh dengan harga hanya Rp20 ribu per kilogram.

Lantaran semula pasokan komoditi ini rata-rata bisa mencapai 50 kilogram setiap hari. Namun sejak dua pekan terakhir menjadi melorot atawa rata-rata hanya pada kisaran 15-20 kilogram, dengan kenaikan harga mencapai beberapa kali lipat.

Sedangkan harga bawang merah semula berkisar Rp18 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram, menjadi bertengger pada kisaran Rp30 ribu per kilogram.

Disusul kol dari Rp2.000 menjadi Rp5.000 per kilogram, kemudian tomat semula Rp4.000 menjadi Rp9.000 per kilogram.

Dikatakan Akhmad Wahyudin, pendataan yang dilakukannya juga menunjukan cabai rawit hijau serta merah kini harganya mencapai Rp32 ribu hingga Rp36 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang putih masih kondusif bertengger pada kisaran Rp30 ribu per kilogram.

Disusul harga daging ayam ras, dan daging sapi masih pula stabil masing-masing berkisar Rp38 ribu, serta Rp110 ribu per kilogram, sebab ditunjang pasokan yang lancar.

Sehingga kontradiksi dengan mekanisme pasokan mata dagangan ragam sayur-mayur, kini melorot hingga mencapai sekitar 50 persen, kata dia.

 

*********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here