Menpan RB Bersafari Ramadlan Gunakan Mobil Sederhana

0
119 views

“Menpan RB : Bupati/Wabup Gunakan Fortuner Lantaran Kerap Ke Lapangan”

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Kamis, 16/06 – 2016 ).

Menpan RB Bersafari Puasa Ramadlan Gunakan Mobil Sederhana.
Menpan RB Bersafari Puasa Ramadlan 1437/2016 Ini, Gunakan Mobil Sederhana.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, pada rangkaian  Safari Puasa Ramadlan 1437/2016 ini di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Garut, Jawa Barat, hanya menggunakan mobil sederhana bernopol pribadi RI 44.

“Bupati maupun Wakil Bupati, sekalipun menggunakan jenis mobil Fortuner. Lantaran kerap ke lapangan. Sedangkan saya yang penting bisa sampat tujuan,” ungkap Yuddy Chrisnandi ketika didesak pertanyaan Garut News mengenai kendaraan digunakannya bersafari ramadlan hanya mobil Inova produk lama.

Mobil Menpan RB Bersafari Ramadlan 1437 H/2016.
Mobil Menpan RB Bersafari Ramadlan 1437 H/2016.

“Sehingga mobil menteri malahan kalah mentereng, atawa kalah kinclong dibandingkan mobil-mobil dinas para pejabat di daerah”

Menteri Yuddy Chrisnandi mengunjungi kantor Bupati Garut, terkait upaya pengawasan disiplin PNS dan peningkatan kualitas pelayanan publik dari kalangan birokrat.

Dia antara lain menyikapi masalah tenaga kesehatan, dan pendidikan kepada Bupati Rudy Gunawan bersama Wakil Bupati Helmi Budiman, serta Para Kepala SOPD.

Penempatan PNS di kabupaten ini dinilainya masih belum merata. Sehingga meminta agar segera melakukan pendataan terhadap guru di kabupaten tersebut.

 

Didatangi Langsung Para Pendidik Mengadukan Penderitaan Nasib Mereka.
Didatangi Langsung Para Pendidik juga Tenaga Sukwan Mengadukan Penderitaan Nasib Mereka.

“Dihitung terdapat dalam kota jumlah rombel berapa, dan gurunya berapa. Nanti bisa ketahuan kelebihan. Kemudian isi ke pelosok kelebihannya itu. Sehingga tak perlu tambah PNS,” imbuh Menpan.

Jika pendistribusian PNS kurang, pemerintah daerah boleh mengajukan penambahan PNS. Namun moratorium PNS masih tetap berlaku kecuali untuk guru dan tenaga kesehatan.

Tenaga kesehatan Kabupaten Garut masih kekurangan dokter dan paramedis pendamping. Serta jumlah Puskesmas hanya 67, dinilainya masih sangat kurang.

Dikemukakan, dari 67 Puskesmas hanya ditangani 70 dokter. “Masih kurang. Kalau mau tambah PNS, ajukan saja, idealnya dua dokter di satu Puskesmas,” katanya.

Bahas Pengaduan Kalangan Pendidik dan Pegawai Sukwan.
Bahas Pengaduan Kalangan Pendidik dan Pegawai Sukwan.

Dalam waktu dekat, pemerintah membuka perekrutan memenuhi kebutuhan guru, dan tenaga kesehatan. Karena itu pemerintah daerah agar mengajukan jumlah kebutuhan.

Kita masih butuh banyak dokter. Jumlah dokter PNS di Indonesia belum mencapai satu persen dari total PNS. Paramedis juga masih kurang sampai enam persen.

Bupati katakan, segera melakukan pemeriksaan jumlah PNS terutama guru. Tahun ini ada 800 PNS pensiun bisa menurunkan anggaran belanja pegawai.

“Kami pun mengajukan 400 PNS terutama untuk kesehatan. Sudah disampaikan pengajuannya ke kementerian,” katanya.

Sampaikan Keterangan Pers.
Sampaikan Keterangan Pers.

Menteri Yuddy Chrisnandi, juga didatangi langsung beberapa tenaga pendidikan yang hingga kini mengeluhkan masih banyak tenaga guru termasuk tenaga sukwan belum berstatus PNS.

Bahkan seorang guru dengan nada miris menyatakan, dirinya pun sangat terlambat bisa diangkat menjadi PNS, bahkan yang lebih dulu menjadi PNS justru mantan muridnya.

 

******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here