Mengatasi Kejahatan Luar Biasa Narkoba Diperlukan Komitmen

by

Jakarta, Garut News ( Ahad, 03/11 ).

BNN - Kosgoro. (Foto: Humas dan Dokumentasi BNN).
BNN – Kosgoro. (Foto: Humas dan Dokumentasi BNN).

Mengatasi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba dibutuhkan kebulatan tekad, dan komitmen bersama.

Sebagai leading sector bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia, BNN membutuhkan bantuan dan dukungan dari semua pihak.

Karena itu, BNN aktif menjalin kerja sama dengan seluruh elemen bangsa dan komponen masyarakat.

Tak hanya kerja sama semata, tetapi BNN juga mendukung dan memfasilitasi kegiatan P4GN dilakukan komunitas masyarakat.

Kali ini, Jum’at (01/11), BNN mengukuhkan perjanjian kerja sama dengan Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong 1957 (Kosgoro 1957).

Kosgoro 1957, organisasi kemasyarakatan handal dan professional mampu mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa membangun masyarakat adil dan makmur berdasar Pancasila dan UUD 1945 dalam NKRI dengan panduan jiwa dan semangat pengabdian, kerakyatan, serta solidaritas.

Nota kesepahaman bertujuan meningkatkan peran serta organisasi pada upaya P4GN terutama bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ini, ditandatangani Kepala BNN, Komjen Pol. Drs Anang Iskandar, SH., MH dan Ketua Kosgoro 1957, HR. Agung Laksono.

Melalui kerja sama ini, BNN dan Kosgoro 1957 nantinya bersama-sama melakukan diseminasi informasi dan advokasi mengenai pencegahan penyalahgunaan Narkoba; pengembangan muatan materi bacaan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba ke dalam mata kuliah maupun perpustakaan; sosialisasi wajib lapor bagi pecandu dan korban penyalahgunaan Narkoba; penyediaan pelayanan fasilitasi rehabilitasi bagi penyalah guna Narkoba; pemberdayaan peran serta masyarakat dalam bidang P4GN; dan pelaksanaan pemeriksaan tes uji Narkoba.

Kosgoro 1957, memiliki cakupan wilayah di seluruh Indonesia diharapkan bisa berperan maksimal dalam hal Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di tanah air, sehingga dapat membantu akselerasi pencapaian Indonesia Negeri Bebas Narkoba.

Demikian dikemukakan Kepala Bagian Humas dan Dokumentasi BNN, Kombes Sumirat Dwiyanto kepada Garut News.

***** John.