Memotret Semangat Juang Petani ‘Toea’ di Panawuan

0
12 views
Semakin Toea Kian Rajin Menggarap, dan Memelihara Sawah.
Menjaga Tanah Leluhur.

“Sejengkal Tanah pun Dimiliki, Amanah Allah SWT”

Garut News ( Sabtu, 08/02 – 2020 ).

Foto berita Garut News pada akhir pekan ini, Sabtu (08/02-2020), memotret semangat juang petani ‘toea’ di Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat.

Usianya mencapai lebih 80 tahun, pensiunan guru yang merintis kariernya sebagai pendidik sejak masih bernama ‘Sekolah Rakyat’ (SR) ini, dikenal dengan sebutan Pak Iyo.

Pak Iyo, yang Konsisten Dengan Komitmennya.

Meski acap berjalan agak bungkuk, dan kerap terlihat tergopoh-gopoh. Namun semangat dan motivasinya mengelola areal persawahan miliknya patut diacungi jempol.

Lantaran, antara lain bisa menjadi inspirasi bagi para kaula muda di perkampungan, yang kini cenderung lebih banyak memilih bekerja serabutan di kawasan perkotaan, bahkan di luar kabupaten setempat.

Emak-emak Sepuh Ini pun Masih Bersemangat Tinggi Turun ke Sawah.

“Hobi saya mengelola sawah, sambil hiburan dan berolahraga, juga sebagai wujud syukur memelihara amanah tanah leluhur yang selama ini turun-temurun,” ungkapnya kepada Garut News pekan lalu.

Bagi lelaki sepuh itu, sejengkal tanah pun yang dimiliki merupakan amanah dari Allah SWT, yang kudu dijaga, dipelihara, dan dimanfaatkan maksimal untuk kemaslahatan, imbuhnya.

Kenikmatan Nikmati Bekal di Pematang Sawah.

Dia pun mengemukakan perasaan yang sering ‘miris’ juga sangat memilukan, lantaran kian banyak pemilik tanah yang diperjual-belikan kepada orang kaya dari kota.

Kemudian mantan pemiliknya malahan menjadi jongos sebagai penggarap di bekas sawah atau kebun miliknya.

Seperti halnya pada sepanjang lintasan lingkar Jabar selatan di antaranya Rancabuaya, banyak tanah yang kini menjadi bangunan vila atau hotel, dan penginapan.

Rehat Sejenak Penuhi Penawar Dahaga, dan Perut Lapar.

Kemudian mantan pemiliknya pun menjadi pembantu atau penjaga vila, serta hotel/penginapan tersebut.

Ironisnya, di kawasan Selatan Garut ada pula yang memerjual-belikan tanah demi memenuhi obesi agar anaknya bisa menjadi PNS maupun Aparat Sipil Negara/ASN.

******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here