Memotret Ponpes Yadul ‘Ulya Picu Kemajuan Garut

0
18 views
Menuju Komplek Ponpe Yadul 'Ulya.
Kondisi Sebelumnya.

“Ungkit Perkembangan Perekonomian Masyarakat Setempat”

Garut News ( Sabtu, 02/11 – 2019 ).

Foto berita Garut News pada akhir pekan ini, Sabtu (02/11-2019), spesial memotret keberadaan Ponpes Modern Digital juga Kuttab Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul, yang ternyata memberi banyak kontribusi terpicunya kemajuan Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Meski pembangunan Ponpes tersebut, sejak dua tahun terakhir hingga kini masih kian gencar diselenggarakan.

Pejalan Kaki Sekalipun Menjadi Sangat Aman, dan Nyaman Melintasinya.

Namun dampak positipnya sangat ‘signifikant’, lantaran selain menyelenggarakan pendidikan keagamaan termasuk pembelajaran menghafal Al Qur’an bermetode ‘Kauny’. Mengembangkan pula ragam sektor ekonomi mandiri, serta penataan lingkungan.

“Bahkan merevitalisasi Sungai Cikamiri, dan membangun ruang terbuka hijau berupa hutan kota sebagai wahana pendidikan di alam terbuka serta sarana wisata bernuanakan Islami” ungkap Ketua Yayasan Hafidz Qur’an Garut, M. Angga Tirta.

Kondisi Sebelumnya, Jangankan Sepeda Motor. Sapi pun Sangat Sulit Melintasinya.

Komplek Ponpes, dan Kuttab ini pun terletak pada ruang terbuka di lintasan jalan umum menghubungkan Kampung Panawuan-Jembatan Cikamiri hingga Kampung Rancamaya, ungkapnya.

Ragam fasilitas termasuk sarana masjidnya bisa dimanfaatkan oleh umum, lantaran tak digembok atau tak memiliki pintu gerbang.

Membangun Ruang Terbuka Hijau Hutan Kota, dan Merevitalisasi Sungai Cikamiri.

M. Angga Tirta menyampaikan apresiasi positip terhadap kepedulian ragam kalangan, ternyata selama ini bisa menunjang penyelenggaraan pendidikan keagamaan pada lingkungan Ponpes Modern Digital ini.

Sebelumnya Rawan Banjir, Sarat Alang-Alang dan Semak Belukar.

Sehingga lembaga pendidikan tersebut kian termotivasi senantiasa dapat eksis dengan kemandiriannya melalui pengelolaan ‘amanah’ dari para orangtua santri, juga amanah yang ditipkan para donatur.

Sarat Dibangun Tembok Penahan Tebing.

“Titipan amanah tersebut, sebagai peran serta dari seluruh pemberi kepercayaan guna mewujudkan akhlak mulia setiap seluruh peserta didik,” ujar M. Angga Tirta.

Kondisi Sebelumnya Sangat Rawan Longsor.

Lantaran mencerdaskan generasi bangsa berbasikan peningkatan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia itu, sebagaimana diamanatkan dalam konstitusi.

Dikembangkan Ragam Tanaman Sayuran.

“Dengan kekuatan berjamaah, Ponpes Yadul ‘Ulya pun bisa terwujud,” imbuh Angga Tirta pula.

Sebelumnya Berkondisi Lingkungan Sangat Mengenaskan.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here