Memotret Keunikan Arsitektur dan Ornamen Setiap Masjid

0
33 views
Menara Masjid Agung Garut.

Garut News ( 18/05 – 2018 ).

Menara Masjid Agung Garut.

Tim liputan khusus www.garutnews.com pada sepekan menjelang Shaum Ramadlan 1439 H/2018 ini, memotret keunikan arsitektur dan ornamen setiap Masjid sepanjang lintasan utara, serta selatan kabupaten/kota Pulau Jawa. 

Masjid di Kota Tasikmalaya.

Masjid, merupakan tempat ibadah Kaum Muslimin. Tempat khusu bersujud, bahkan masjid pun merupakan pusat dinamika kehidupan komunitas muslim.

Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur’an kerap diselenggarakan di Masjid. 

Masjid di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Malahan pula dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam denyut kegiatan sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Akar kata dari masjid sajada berarti sujud atau tunduk.

Kata masjid sendiri berakar dari bahasa Aram. Kata masgid (m-s-g-d) ditemukan dalam inskripsi dari abad ke 5 SM. Berarti “tiang suci”.

Menara Masjid Demak, Jawa Tengah.

Sedangkan kata mosque berasal dari kata mezquita dalam bahasa Spanyol. Kemudian menjadi populer dan dipakai dalam bahasa Inggris secara luas.

Menara-menara, serta kubah masjid yang besar, seakan menjadi saksi betapa jayanya Islam pada kurun abad pertengahan. Masjid melintasi serangkaian tahun-tahun terpanjang sejarah hingga sekarang.

Masjid di Kudus.

Mulai dari Perang Salib sampai Perang Teluk. Selama lebih dari 1000 tahun pula, arsitektur Masjid perlahan-lahan mulai menyesuaikan dengan arsitektur modern.

Masjid di Kota Pati.
Masjid Pasuruan Jawa Timur.
Masjid di Tuban Jawa Timur.
Mushola Khusus Kaum Perempuan di Ambarawa.
Masjid Pada Lintasan Jawa Tengah.
Khusu Membaca Al Qur’an.
Bedug Masjid Agung Demak.
Rehat di Pelataran Depan Masjid Demak.
Masjid Agung Demak.
Alun Alun Depan Masjid Agung Garut.

 

**********

Pelbagai Sumber,

Fotografer : John Doddy Hidayat.