Memotret Gencarnya Ponpes Yadul ‘Ulya Merevitalisasi DAS Cikamiri

0
17 views
Totalitas Pembenahan DAS Cikamiri.
Dibangun Ratusan Meter TPT juga Bronjong Setinggi Belasan Meter.

“Lestarikan Alam Lingkungan, Santri Jalani Pembelajaran di Alam Terbuka”

Garut News ( Selasa, 29/10 – 2019 ).

Garut News sajikan edisi khusus dengan memotret ragam pembangunan fisik selama ini diselenggarakan dalam pengembangan pemenuhan kebutuhan sarana-prasarana memadai pada Ponpes Modern Digital, Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul Garut, yang sekaligus merevitalisasi lintasan ‘Daerah Aliran Sungai’ (DAS) Cikamiri.

Jadikan Hutan Kota Bernuansakan Islami.

“Bentuk kepedulian tersebut, guna mewujudkan potensi hutan kota yang bernuansakan Islami,” ungkap Pimpinan Yayasan Tahfidz Garut M. Angga Tirta.

Wahana Pembelajaran Santri di Alam Terbuka.

Bernuansakan Islami di antaranya sejalan dengan kewajiban memelihara pelestarian alam beserta lingkungannya, juga sekaligus dimanfaatkan para santri menjalani proses pembelajaran di alam terbuka, termasuk menggelar kegiatan ‘Outbound’.

Upaya Antisipasi Luapan Sungai di Musim Penghujan.

Sehingga selain diselenggarakan pembenahan ‘tembok penahan tebing’ (TPT) sedikitnya sepanjang 500 meter pada lintasan DAS Cikamiri mulai dari Jembatan Ampel ke arah hilir itu.

“Juga bakal maksimal memanfaatkan hasil pembebasan tanah sekitar 500 tumbak atau 7.000 m2 diluar zona DAS sebagai hutan kota,” imbuh M. Angga Tirta, Senin (28/10-2019).

Ponpes Yadul ‘Ulya.

Bahkan kualitas ekologi serta kejernihan aliran sungainya pun, senantiasa dijaga kebersihannya agar bisa dimanfaatkan untuk wisata religi.

Gencar Merevitalisasi DAS Cikamiri.

Melalui konsepsi ‘Halal Sebagai Gaya Hidup’, ungkap M. Angga Tirta pula.

Dibangun Bronjong.

******

Dijadikan Pula Sarana Olahraga Memanah Bagi Para Santri.
Sarat Dibangun TPT.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here