Memotret Al – Irsyad Peduli Bersama Helmi Budiman

0
45 views
Wakil Bupati dr H. Helmi Budiman Sangat Terharu "Menyampaikan" Santunan Kepada Anak Yatim.

“Wujudkan ‘Indahnya Berbagi’ Didukung Yasifa’ dan PT. Urban Engineering Asia”

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Sabtu, 17/12 – 2016 ).

Wakil Bupati dr H. Helmi Budiman Sangat Terharu "Menyampaikan" Santunan Kepada Anak Yatim.
Wakil Bupati dr H. Helmi Budiman Sangat Terharu “Menyampaikan” Santunan Kepada Anak Yatim di YPI Al – Irsyad Karangpawitan.

Foto berita Garut News pada akhir pekan ini, Sabtu (17/12-2016), khusus memotret kepedulian dan bhakti sosial Sesion 4 “Yayasan Pendidikan Islam” (YPI) Al-Irsyad. Mewujudkan “Indahnya Berbagi” bersama Wakil Bupati Garut dr H. Helmi Budiman.

Pada rangkaian helatan bernuansakan “Pendidikan berbasiskan perilaku bersih dan sehat yang Islami” di Kampung Panyingkiran RT.002/007 Desa Situsaeur Kecamatan Karangpawitan tersebut, antara lain didukung Klinik Kesehatan Yasifa’ serta PT. Urban Engineering Asia.

Wabup Helmi Budiman Menyampaikan Pertanyaan Sekaligus Membimbing Santri YPI Al - Irsyad Karangpawitan.
Wabup Helmi Budiman Menyampaikan Pertanyaan Sekaligus Membimbing Santri YPI Al – Irsyad Karangpawitan.

Dedikasi, empati, juga kepedulian sosial digagas pihak penyelenggara dikomandoi Ruli Oktavian, ST itu, di antaranya berupa pengobatan gratis bagi puluhan hingga ratusan penduduk sekitarnya.

Pemberian santunan bagi anak-anak yatim, pemeriksaan EKG, Seminar Keluarga Sehat dan Bahagia, serta peresmian operasional mobil kesehatan bagi masyarakat, sangat diapresiasi positip oleh Wakil Bupati Helmi Budiman.

Camat setempat Rena Sudrajat S.Sos M.Si juga mengakui, YPI Al – Irsyad selama ini banyak membantu penduduknya, termasuk kini diopersionalkannya mobil kesehatan sumbangsih kepedulian sosial dari penasihat YPI Al – Irsyad, Ir Rudhi Wibawa.

dr Hj. Hani Helmi Budiman Menyampaikan Santunan Kepada Anak Yatim di YPI Al - Irsyad.
dr Hj. Hani Helmi Budiman Menyampaikan Santunan Kepada Anak Yatim di YPI Al – Irsyad.

Sedangkan Helmi Budiman, selain sangat detail menjelaskan sangat pentingnya membangunan karakter generasi yang berakhlaq terpuji, dan mulia dengan meneladani sikap sangat terpuji Nabi Muhammad SAW.

Pada momentum Maulid Nabi Muhammad SAW pada 1437 Hijriyah ini, tertumpu pula harapan senantiasa bisa semakin meningkatkan kualitas empati, dan kepedulian sosial dengan niat tulus, bertutur kata yang baik, menghormati tetangga, serta tak hanya pintar melainkan pula bisa berkarakter baik.

“Lantaran sebaik-baiknya manusia, adalah yang bisa memberikan banyak manfaat bagi manusia lainnya, termasuk bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya,” imbuh Helmi Budiman.

Wabup Helmi Budiman Mendapat Penyerahan Mobil Operasional Kesehatan Dari YPI Al - Irsyad.
Wabup Helmi Budiman Mendapat Penyerahan Mobil Operasional Kesehatan Dari YPI Al – Irsyad.

Helmi Budiman juga sangat komunikatif dan humanis memproses edukatif pemberikan hadiah kepada para santri, yang bisa menjawab ragam pertanyaan yang disampaikannya.

Di antaranya pertanyaan mengenai ayat-ayat Al Quran yang harus bisa dikumandangkan santri, pertanyaan mengenai Fiqih, Akhlak, serta Sejarah Islam.

Pemberian hadiah berbasiskan pendidikan tersebut, mendapatkan simpatisan para santri beserta penduduk sekitarnya, sebab hanya bisa diperoleh jika berhasil menjawab pertanyaan Wakil Bupati.

“Mulai pertanyaan ringan hingga pertanyaan cukup berat”

Bersama Keluarga Besar dan Pengelola YPI - Al Irsyad.
Bersama Keluarga Besar dan Pengelola YPI – Al Irsyad.

Namun disajikan dengan humanis, serta sarat humor. Sehingga bisa menjadi sarana hiburan yang sehat, dan menyenangkan.

“Memberikan bonus kepada banyak santri juga guru masing-masing berupa uang berkisar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu secara mendidik itu, patut ditiru oleh kalangan pejabat lainnya,” ungkap warga Desa Situsaeur termasuk Sulaeman (45) kepada Garut News, antara lain menambahkan.

Dalam pada itu, penyelenggaraan pengobatan gratis melibatkan tenaga medis beserta para medis Klinik Kesehatan Yasifa’ dipimpin langsung dr Yanti Widamayanti, S.Pd tersebut, dinilai Helmi Budiman sangat luar biasa.

dr Yanti Widamayanti, S.Pd Serahkan Santunan Bagi Anak Yatim di YPI Al _Irsyad.
dr Yanti Widamayanti, S.Pd Serahkan Santunan Bagi Anak Yatim di YPI Al _Irsyad.

Karena bhakti sosial itu, selain selama ini dilaksanakan setiap tahun, juga kerap berlangsung pada kesempatan lainnya.

Menyusul tingginya kualitas derajat kesehatan masyarakat, merupakan investasi masyarakat ikut serta berkiprah pada pelbagai aspek pembangunan daerah, termasuk senantiasa dapat terwujudnya kesejahteraan masyarakat itu sendiri, imbuh Wakil Bupati Helmi Budiman pula.

Dikemukakannya, sangat terharu dan bangga perkembangan hasil pendidikan para santri maupun pelajar YPI Al – Irsyad Karangpawitan.

Mereka bisa menjawab ragam pertanyaan, yang membuktikan sangat baiknya keimanan dan nilai akademisnya.

Ruli Oktavian, ST
Ruli Oktavian, ST

“Meski kini berada di tengah era perkembangan yang kini semakin banyak godaan”

Namun dengan kualitas penguasaan “Ilmu, Iman, dan Amal” dipastikan bisa menjawab ragam tantangan menjadi peluang menjadi generasi penerus yang berilmu, terampil, juga berakhlaq mulia, tandas Helmi Budiman.

Rumah Berkonstruksi Dulang Ngapak, yang Selama ini Diadopsi Pada Kampus ITB.
Rumah Berkonstruksi Dulang Ngapak, yang Selama ini Diadopsi Pada Kampus ITB.
Bersama YPI Al - Irsyad.
Bersama YPI Al – Irsyad.

Pada bhakti sosial ini, disajikan penyuluhan mengenai pencegahan TB Paru, HIV/AIDS, serta perilaku hidup bersih dan sehat.

Antara lain disajikan sumber dari Aisyiah’ TB Care.

 

*********