Penuhi Gizi Keluarga Manfaatkan Genangan Sungai Cimanuk

0
5 views
Menjala Ikan.
Memancing.

“Mengisi Waktu Senggang Sore di Sasak Beusi”

Garut News ( Jum’at, 04/10 – 2019 ).

Setiap sore pada kemarau panjang 2019 ini, terdapat beberapa warga sekitar pinggiran Sungai Cimanuk di Kecamatan Balubur Limbangan Garut, Jawa Barat, mengisi waktu senggangnya dengan memanfaatkan genangan sungai tersebut.

Mereka memancing, dan menjaring ikan pada lokasi di bawah Sasak Beusi atau jembatan yang menghubungkan lintasan jalan negara antara Garut dengan Tasikmalaya bahkan hingga menembus Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Debet Cimanuk Menyusut Drastis.

Sedangkan pencarian ikan di sungai tersebut, bukan untuk diperjual belikan. Melainkan untuk dibawa ke rumah guna memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

“Selain itu bisa terpenuhinya kegemaran memancing, serta menjala ikan di sungai,” ungkap Endang kepada Garut News, Jum’at (04/10-2019) sore.

Garut Utara Dikepung Kekeringan.

Penduduk yang mengaku bermukim di depan Alun Alun Limbangan ini juga katakan, kerap mendapatkan jenis ikan nila seberat 0,25 hingga 0,50 kilogram setiap ekornya, sehingga setelah dibersihkan langsung dibakar di rumah.

Acap pula mendapatkan jenis ikan gabus, sedangkan jika mendapat jenis ikan sapu dimanfaatkan untuk pakan lele di kolam ikan miliknya.

Sumur Ini Masih Berair Jernih.

Ungkapan senada dikemukakan saudaranya, Dadan. Dua bersaudara tersebut juga mengaku gemar mencari ikan di sungai.

Mereka pun katakan, mencari ikan di musim kemarau lebih mudah dibandingkan ketika aliran sungai berkondisi deras di musim penghujan, katanya.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here