Masyarakat Menyemut Menyambut Gerhana

0
89 views

Garut News ( Senin, 07/06 – 2016 ).

Astronom asing beramai-ramai memotret Matahari yang sedang mengalami gerhana total di Bukit Dagi, sekitar Candi Borobudur, Jawa Tengah, 11 Juni 1983. (ARSIP KOMPAS).
Astronom asing beramai-ramai memotret Matahari yang sedang mengalami gerhana total di Bukit Dagi, sekitar Candi Borobudur, Jawa Tengah, 11 Juni 1983. (ARSIP KOMPAS).

– Tiga hari menjelang peristiwa Gerhana Matahari total yang akan melintasi Indonesia pada hari Rabu (9/3/2016) mendatang, beberapa wilayah yang dilalui sudah dipadati wisatawan dalam negeri serta asing.

Mereka yang ada di jalur totalitas gerhana atau bisa melihat gerhana total mulai dari Kepulauan Pagai, Sumatera Barat, terus ke timur menuju Halmahera, Maluku Utara.

Berdasarkan laporan wartawan harian Kompas dari berbagai daerah yang dilalui Gerhana Matahari, arus wisatawan yang datang itu sungguh kentara.

Di Ternate, Maluku Utara, saja, diperkirakan ada 1.000 orang wisatawan mancanegara berdatangan dan diperkirakan melonjak hingga 2.000 pada sehari menjelang gerhana terjadi.

Tidak hanya dari udara, wisatawan juga mendekat ke Ternate menggunakan kapal pesiar untuk menghabiskan waktu di sana. Pemerintah daerah juga tidak mau kalah, mereka menggelar Festival Legu Gam untuk menyemarakkan suasana sejak tanggal 1 Maret 2016 lalu.

Laporan yang dirangkum dari reportase para wartawan harian Kompas juga menceritakan suasana menjelang Gerhana Matahari di daerah lain seperti Mentawai, Sumatera Barat, dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Daerah yang tidak kebagian jalur totalitas atau hanya bisa melihat gerhana meski hanya sebagian juga tidak ketinggalan, seperti dilakukan warga Solo yang menggelar kirab budaya bertajuk “Kalahayu: Perkawinan Alam Raya” yang digelar khusus menyambut gerhana.

********
Penulis : Didit Putra Erlangga Rahardjo
Editor : Amir Sodikin/Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here