Masjid Monumenal Berusia 1,82 Abad Kian Legendaris

0
320 views
Kian Monumenal, dan Legendaris.

Garut News ( Ahad, 13/01 – 2019 ).

Kian Monumenal, dan Legendaris.

Foto berita Garut News akhir pekan, yang disajikan Ahad ( 13/01 – 2019 ). Memotret produk rangkaian perjalanan religi tim liputan media ini di seputar wilayah Provinsi Jawa Barat.

Di antaranya mendokumentasikan sejumlah sudut penting kekokohan, dan sangat tingginya estetika ragam ornamen Masjid Agung Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya.

Bangunan Belakang Komplek Masjid Agung Manonjaya.

Masjid berstruktur bangunan kepurbakalaan sejarah serta bernilai tradisional tersebut, merupakan “Situs Masjid Kuno” yang letaknya berhadap – hadapan dengan hamparan Alun Alun Kecamatan Manonjaya.

Sehingga Manonjaya selama ini tak hanya menjadi ternama dengan produktivitas buah salaknya, melainkan juga memiliki ‘ikon monumenal’ Masjid Agung Manonjaya, berusia 1,82 abad yang kian melegendaris.

Alun Alun Manonjaya.

Masjid tersebut, pendirian bangunan utamanya oleh RT. Danuningrat pada 1837, yang pada 1887 atau 50 tahun kemudian didirikan bangunan tambahan oleh RTA. Wiraadiningrat.

Sedangkan ragam upaya perbaikannya, antara lain diselenggarakan pada 1974 dengan dana swadaya masyarakat, dan bantuan H. Amir Machmud.

Bangunan Dalam Utama Masjid Agung Manonjaya.

Selanjutnya pada 1977, serta 1991 upaya perbaikan pun dilaksanakan kembali juga berbiaya swadaya masyarakat.

Termasuk selama rentang waktu 1991 – 1992 memanfaatkan dana APBN (Depdikbud), sehingga tertera prasasti 18 Februari 1992 ditandatangani Kepala Bidang Muskala pada Depdikbud Kanwil Provinsi Jawa Barat, H. Arsim Nalan N.

Pelataran Depan Masjid Agung Manonjaya.

Ada pula prasasti renovasi masjid itu, berupa peresmian penggunaannya tertanggal 18 Februari 1992 masing – masing ditandatangani Bupati KDH. TK II Tasikmalaya H. Adang Roosman, SH serta Kakanwil Depdikbud Provinsi Jawa Barat, Drs H. Dini Edia K.

Melegendaris.

Seluruh Situs Masjid Kuno manonjaya ini pun, antara lain pula dilengkapi hamparan taman yang pemeliharaan dan kebersihannya terpelihara dengan sangat baik.

Bedug Masjid Agung Manonjaya.

Banyak diukunjungi pelbagai kalangan, terutama untuk menunaikan kewajiban Shalat, beribadah, pengajian termasuk menjadi areal rehat menyenangkan.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here