Masjid Agung Klaten

0
130 views
Masjid Agung Klaten.

Garut News ( Sabtu, 23/03 – 2019 ).

Masjid Agung Klaten.

Foto berita Garut News akhir pekan ini, Sabtu ( 23/03 – 2019 ), memotret Masjid Agung Klaten menjadi ikon baru kabupaten tersebut. Berornamen khas Timur Tengah-nya, bisa menjadikan masjid ini termewah di Jawa Tengah.

Pemerintah menghabiskan APBD sekitar Rp60 Miliar untuk membangunnya di lahan sangat luas sekitar 5.200 meter persegi. Bagian dalam masjid mampu menampung 3.000 jamaah, belum lagi bila area parkir difungsikan.

Megah.

Area parkir disini mampu menampung ratusan motor dan puluhan mobil jamaah. Selain itu, area luar masjid ini juga dihias dengan taman dan kolam sehingga area luar Masjid Agung Klaten tidak terkesan gersang.

Kemegahan desain khas Timur Tengah akan langsung terlihat ketika anda hendak memasuki masjid. Anda disambut dengan pintu utama yang terbuat dari besi berwarna kuning keemasan berukiran ayat-ayat Al Quran. Begitu anda masuk, anda akan sampai pada ruangan serambi luas yang bisa difungsikan untuk kegiatan syiar seperti kajian kitab.

Ruangan utama pada Masjid Agung Klaten ini terletak di lantai dua, untuk menuju kesana tepat di depan pintu utama terdapat tangga yang dipisahkan untuk jamaah putra dan putri selain itu, di masjid ini juga disediakan lift yang dapat mengangkut jamaah untuk menuju ke lantai 2 dan 3.

Mihrab setinggi 10 meter dengan kaligrafi arab keemasan Lantai dua dari masjid ini merupakan ruangan utama, dan disini desain khas Timur Tengah akan semakin terasa. Pada bagian ini, tempat yang menjadi pengimaman masjid atau biasa disebut mihrab akan menyambut anda dengan kemegahan dekorasinya. Mihrab ini memiliki tinggi sekitar 10 meter berwarna emas dan dihiasi dengan ukiran surat Al Fatihah dan Al Isra’. Pada bagian tenganya terdapat huruf arab bertuliskan Al Aqsha yang merupakan nama dari masjid ini.

******

 

Sumber : danisetiawanku.com/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here