Marlina Ginting : Masyarakat Berpotensi Besar Dimobilisasi

0
74 views
drg. Marlina Ginting.

Garut News ( Kamis, 09/11 – 2017 ).

drg. Marlina Ginting.

********** Pemberdayaan juga pelibatan seluruh komponen, dan elemen masyarakat dinilai penting. Bahkan penentu keberhasilan “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas).

Lantaran mereka memiliki potensi besar yang bisa dimobilisasi pada ragam peran sertanya, sedangkan pemerintah masih memiliki keterbatasan sumber daya.

Presentasikan Ragam Materi Kesehatan.

Demikian dikemukakan drg Marlina Ginting dari Direktorat Promosi Kesehatan pada Kemenkes RI, ketika membuka Pertemuan Orientasi Fasilitator Germas di Cipaku Grand Hotel Bandung, Kamis (09/11-2017).

Ketua Penyelenggara.

Diingatkan Marlina Ginting, Instruksi Presiden Nomor. 1/2017 Tentang Germas, merupakan tanggungjawab bersama seluruh institusi pemerintahan hingga ke tingkat kabupaten/kota, beserta seluruh jajarannya.

“Termasuk pelibatan tanggungjawab masyarakat sebagai pelaku, atau tak diposisikan sebagai penonton,” imbuhnya.

Mewakili Ketua Beserta Keluarga Besar Aliansi Pita Putih.

Dikemukakan pula, hidup sehat itu bisa diupayakan dengan apa yang selama ini dilakukan masyarakat yang berbasiskan kearifan lokal setempat, sehingga ketika memberikan pemahaman kepada masyarakat pun hendaknya juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami mereka.

Marlina Ginting secara detail mempresentasikan pula, kartu aktivitas fisik, perubahan pola penyakit 1990 – 2010, beban ekonomi akibatkan penyakit tidak menular, besarnya pembiayaan kanker 2014 – 2015 (BPJS).

Membangun Komitmen Bersama.

Selain itu dipresentasikan lima jenis penyakit dengan beban biaya rawat inap, di antaranya jantung, stroke, dan ginjal, faktor resiko perilaku penyebab terdapatnya “Penyakit Tak Menular” (PTM).

Endang Sri Widyaningsih, Koordinator Orientasi Fasilitator Germas Provonsi Jabar, dan Provinsi Sumbar. Mengemas Senam Rujakan.

Kembali diingatkan sangat pentingnya sikap keteladanan dalam upaya mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat.

Keluarga Besar Aliansi Pita Putih.

Helatan yang berhasil diselenggarakan bersama Aliansi Pita Putih tersebut, diikuti sekitar 106 peserta.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.