Manfaat SP2020 : Dirgahayu Hari Jadi ke-207 Garut

0
9 views
“MencatatIndonesia di Kabupaten Garut”
Dody Gunawan Yusuf, S.Si.

“Sukses SP2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia”

Kepala BPS Kabupaten Garut, Dody Gunawan Yusuf, S.Si Beserta Seluruh Jajaran Keluarga Besar BPS Kabupaten Garut.

Mengucapkan :  Dirgahayu Hari Jadi ke-207 Garut, 16 Februari 2020.

“Bekerja Bersungguh-sungguh dan BERTANGGUNGJAWAB MEWUJUDKAN GARUT YANG BERTAQWA MAJU DAN SEJAHTERA”

Sukses SP2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia

“Lima Manfaat SP2020”

Lima manfaat Sensus Penduduk meliputi Evaluasi pembangunan RJPM & SDGs, Menguatkan data registrasi penduduk menuju Satu Data Kependudukan, Proyeksi penduduk dan pencapaian bonus demografi.

Kemudian. Untuk perencanaan berbagai bidang di antaranya, Identifikasi kebutuhan dan kualitas perumahan, Penyediaan sarana pendidikan untuk semua, Perencanaan untuk kecukupan sarana kesehatan, Perencanaan investasi dan penyiapan lapangan kerja, Perencanaan jenis transportasi yang dibutuhkan, Perencanaan kebutuhan fasilitas komunikasi, Perencanaan politik dan keamanan, Ketahanan sosial dan budaya, serta Perencanaan tataruang dan lingkungan.

Sedangkan manfaat kelima Sensus Penduduk. Memetakan kesiapan Penduduk Indonesia menuju era Revolusi Industri 4.0

Karena itu. Bantu Kami “MencatatIndonesia di Kabupaten Garut” Perbaharui Data Kependudukanmu Melalui : sensus.bps.go.id Februari-Maret 2020.

Dengan data yang dikumpulkan terdiri Variable Individu, Pekerjaan, Pendidikan, dan Perumahan.

Penandatanganan Komitment Bersama Sukseskan SP2020.

Variable Individu, meliputi Nama Lengkap, NIK, Alamat, Lama tinggal pada alamat saat ini, Jenis kelamin, Tempat tanggal lahir, Kewarganegaraan, Suku bangsa, Agama, Nama orangtua Kandung, Status hubungan dengan kepala keluarga, dan Status perkawinan.

Pekerjaan, Aktivitas yang dilaksanakan, Pekerjaan, Status Pekerjaan.

Pendidikan, Ijazah/pendidikan tertinggi.

Perumahan, Status kepemilikan rumah yang ditempati, Listrik, Sumber air minum, Kepemilikan jamban, Jenis lantai terluas.

Tahapan Pelaksanaan SP2020.

Koordinasi & Konsolidasi, Penyiapan Basis Data, Pendataan Mandiri Sensus Online Februari-Maret 2020, sensus.bps.go.id kemudian Penyusunan Daftar Penduduk, Pemeriksaan Daftar Penduduk, Verifikasi Lapangan, serta Pencacahan Lapangan Juli 2020.

Komitment Bersama.

Cara Melakukan Sensus Penduduk Online.

Buka aplikasi browser internet pada perangkat telepon genggam, tablet, laptop atau komputer. Klik laman resmi (website) sensus.bps.go.id dan melakukan login, Isi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap, Unduh bukti telah berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online pada tampilan halaman terakhir. Selesai.

Ruang Lingkup Dijadikan Sasaran.

WNI dan WNA yang telah tinggal atau berniat tinggal selama minimal satu tahun di Indonesia, berlangsung di Seluruh Wilayah Indonesia (termasuk Korps Diplomatik RI).

Sensus Penduduk Online (SPO) melalui link sensus.bps.go.id Februari-Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara Juli 2020.

Dilaksanakan melalui CAWI (Computer Aided Web Interviewing), dan CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing).

SP2020. Cacah jiwa untuk mendapatkan data anggota keluarga. Sensus Penduduk merupakan agenda nasional tahun 2020 yang dimiliki Bangsa Indonesia.

Dasar Hukum pelaksanaannya, Undang-Undang RI Nomor. 16/1997 Tentang Statistik, dan Resolusi United Nations 2020 World Population and housing programme Menuju Satu Data Indonesia.

Dialog Interaktif.

Sensus ketujuh Kabupaten Garut per dasawarsa. Pada 1971 (1,2 juta), 1980 (1,48 juta), 1990 (1,7 juta), 2000 (2,05 juta), dan pada 2010 (2,4 juta).

Tujuannya. Menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik Penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Info lebih lanjut hubungi BPS Kabupaten Garut, Jalan Pembangunan No. 222 Tarogong Kidul Garut 44151. Telp. 0262-233273 Fax 0262-4893051 Email : bps3205@bps.go.id

******

  • Pastikan Anda Tercatat, Mari Berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online melalui sensus.bps.go.id
  • “Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. Oleh karena itu. kedaulatan data harus diwujudkan,” (Presiden Joko Widodo, pada Pidato Kenegaraan RI, 2019).
  • Mengapa SPO? – Partisipasi Aktif, Optimalisasi Teknologi Informasi, Budaya Cinta Data juga Lebih Mudah, dan Lebih Kekinian.
  • Jadilah Bagian Dari Sejarah. Sepuluh tahun sekali “MencatatIndonesia Catatkan dirimu secara mandiri melalui sensus.bps.go.id
  • ********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here