Mana Bukti “Garut Amazing” ?

0
42 views
Pada Lokasi Wisata Cipans pun Kerap Sangat Memprihatinkan.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 02/11 – 2016 ).

Pada Lokasi Wisata Cipans pun Kerap Sangat Memprihatinkan.
Pada Lokasi Wisata Cipans pun Kerap Sangat Memprihatinkan.

Masih kian banyak lintasan ruas badan jalan di Kabupaten Garut mengalami kerusakan. sarat dipenuhi lubang ragam ukuran, juga aspal terkelupas menyisakan bebatuan dan kerikil. Beberapa ruas jalan pada sejumlah lokasi pun bahkan bergelombang dengan lekukan cukup dalam, dan lebar.

Kondisi tersebut, tak hanya terlihat di ruas jalan di daerah pelosok malahan di kawasan perkotaan. Semisal di sepanjang jalur jalan Garut-Balubur Limbangan, Jalan Pembangunan dan Terusan Pembangunan, Jalan Raya Cipanas, Jalan Raya Cimanuk, Jalan Merdeka, Jalan Guntursari, sejumlah titik di Jalan Raya Samarang, dan lainnya.

Kerusakan jalan itu, menjadikan laju kendaraan terganggu serta kecelakaan lalu lintas bisa mengancam setiap saat. Terlebih jika kerusakan dan lubang-lubang di badan jalan tertutup genangan air lantaran diguyr hujan deras. Padahal beberapa ruas jalan belum lama mendapatkan perbaikan. Kebanyakan menjelang Idul Fitri kemarin.

Pada 2016 ini dicanangkan Bupati Rudy Gunawan sebagai tahun optimalisasi infrastruktur daerah dengan titik berat peningkatan infrastruktur di seluruh wilayah Garut seperti tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Garut 2016. Atau lebih dipopulerkan dengan sebutan program “Garut Amazing” dengan dukungan anggaran diarahkan mencapai puluhan miliar rupiah.

Kondisi jalan mantap di Kabupaten Garut, diklaim Dinas Binamarga Kabupaten Garut kini mencapai sepanjang 580,3 kilometer (km) dari total jalan kabupaten sepanjang 829 km. Sisanya sepanjang 248,7 km dinyatakan berkondisi tidak mantap.

Ironisnya, dari total panjang jalan kabupaten mencapai 829 km ini ternyata sekitar 90 persen di antaranya habis umur rencana jalannya.

“Ini artinya, jangankan yang jalannya berkondisi tak mantap, jalan sepanjang 580,3 km mantap pun sebenarnya habis umur rencana jalannya, dan mestinya ada perbaikan total mendasar atau peningkatan jalan. Bukan lagi sekadar perbaikan asal dihotmix misalnya,” ungkap Ketua DPD Laskar Indonesia Kabupaten Garut Dudi Supriadi, Rabu (02/11-2016).

Dengan kondisi jalan habis umur rencananya, lanjutnya, dilakukan perbaikan pun tak berdampak signifikan. Justru lebih merupakan penghamburan anggaran. Sebab pembangunan selalu kembali ke titik nol.

Kepala Dinas Binamarga Garut Eded Komara Nugraha membenarkan 90 persen dari total panjang jalan kabupaten di Garut sepanjang 829 km itu kondisinya saat ini  habis umur jalannya. Sehingga kondisi jalan mantap sepanjang 580,3 km pun rentan terjadi kerusakan.

“Ya! Memang semestinya ruas-ruas jalan di Garut ini dilakukan peningkatan jalan. Sebab 90 persen jalan di Garut ini umurnya habis. Dan yang 10 persen umur jalannya belum habis itu pun jalan rabat beton yang memang baru-baru ini dibangun,” kata dia didampingi Kepala Bidang Bina Teknik Jujun Juansyah Nurhakim.

Jujun menambahkan, berkaitan kondisi tersebut pihaknya bersama Dinas Perhubungan dalam setahun ini terus melakukan pengkajian mengenai kebutuhan kegiatan peningkatan jalan untuk memperbaiki kondisi seluruh jalan kabupaten yang ada di Kabupaten Garut.

“Jika semuanya dituntaskan, memang perlu anggaran sangat besar. Mungkin mencapai triliunan rupiah,” imbuhnya.

********

(nz, jdh).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here