Litbang Bappeda Garut Dorong Sektor Dominan Struktur Ekonomi

0
58 views
Agus Kurniawan.

Garut News ( Senin, 20/11 – 2017 ).

Agus Kurniawan.

********* Kepala Bidang Litbang pada Bappeda Kabupaten Garut, Agus Kurniawan menyatakan, seluruh jajarannya antara lain berupaya maksimal semakin mendorong penguatan sektor-sektor dominan struktur ekonomi.

Kepada Garut News di ruang kerjanya, Senin (20/11-2017), dikemukakan sektor-sektor dominan tersebut, di antaranya pertanian, perdagangan, industri pengolahan, serta jasa.

Sedangkan sektor jasa, antara lain pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Keseluruhannya bisa segera terwujud dengan penyelenggaraan pembangunan inprastruktur wilayah.

Sehingga aksebilitas dari sumber-sumber produksi ke pemasaran dapat lebih cepat, kemudian pada sektoral diupayakan maksimal bisa memerpanjang rantai produksi sejak dari hulu hingga hilir.

Agar ragam produk komoditi tak hanya dipasarkan berbentuk bahan baku, melainkan berupa barang jadi maupun mata dagangan yang siap saji, imbuhnya.

Saat ini pun, ungkap Agus Kurniawan pula, semakin dikembangkannya komoditi kopi. Lantaran kopi Garut dinilai berkualitas terbaik, yang bisa membidik pangsa pasar luar negeri, maupun berpotensi menjadi mata dagangan ekspor.

Litbang Bappeda yang juga mengembangkan “Sistem Inovasi Daerah” (Sida), merupakan upaya pengembangan teknologi informasi, yang bisa dijadikan sarana informasi pembangunan.

Sehingga terus dilakukan pelbagai kajian termasuk inventarisasi organisasi kelitbangan secara internal, dan eksternal, ungkapnya antara lain menambahkan.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.