Lintasan Menuju Wilayah Garut Selatan Sempat Terputus

0
29 views

Ilustrasi Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Kamis, 10/12 – 2015 ).

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kondisi akses lintasan ruas badan jalan menuju sejumlah wilayah kecamatan di selatan Kabupaten Garut sempat terputus, lantaran sarana menghubungkan kota Garut dengan Kecamatan Pameungpeuk, dan sekitarnya tertimbun longsor, akibat digerus hujan deras mengguyur selama Rabu (09/12-2015) sore.

Kepala Pelaksana BPBD kabupaten setempat Dadi Djakaria katakan, timbunan longsor menimpa jalan provinsi tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB pada lokasi Kampung Simpang RT 01/o1 Desa Cipangramatan Cikajang.

Meski tak ada korban jiwa tawa tak terjadi kerusakan bangunan, namun peristiwa itu menyebabkan akses ke sejumlah daerah di wilayah selatan terputus. Antara lain ke wilayah Kecamatan Cihurip, Cisompet, serta Pameungpeuk, dan sekitarnya

Pada waktu nyaris bersamaan, juga di desa sama, longsor terjadi di Kampung Genteng RT 02/06, menimpa dinding rumah Mak Ucih(60). Sehingga penghuninya terpaksa diungsikan ke rumah anaknya, dinilai lebih aman menghindari kemungkinan longsor susulan.

Menelan kerugian material sekitar Rp20 juta akibat longsor menimpa rumah Mak Ucih ini, katanya.

Dia menyerukan agar masyarakat termasuk para pengendara melintas di jalur selatan senantiasa berhati-hati, dan meningkatkan kewaspadaan menghindari kejadian longsor yang terbilang rawan di wilayah tersebut.

Penanggung jawab wilayah Garut-Sumedang pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat Rossa Ruhtipa mengungkapkan, longsor menimpa jalan provinsi menghubungkan kota Garut-Cikajang-Pameungpeuk itu terjadi pada kilometer 100+700.

Material longsoran tebing setebal empat meter menutup separuh badan jalan. Maka jalan tak bisa dilalui kendaraan.

Sekarang dikerjakan pembersihan material longsor secara manual oleh pekerja dibantu masyarakat sambil menunggu loader tiba di lokasi. Alat berat milik PU Provinsi diberangkatkan, dan dalam perjalanan, ujar Rossa.

Dikemukakan, alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat juga disiapkan pada lokasi rawan longsor di wilayah selatan Garut sejak menjelang musim hujan, katanya.

******

Noel, Jdh.