Lintasan Jalan Ampel Panawuan Bisa Terancam Ambruk

0
83 views
Penduduk Tunjukan Kondisi Samping Badan Jalan Mulai Retak.

Garut News ( Rabu, 19/12 – 2018 ).

Penduduk Tunjukan Kondisi Samping Badan Jalan Mulai Retak.

Pembangunan jalan menelan dana sekitar Rp500 juta, bersamaan pengerjaan jembatan Ampel oleh perusahaan berbeda. Berkecuraman kemiringan lintasan jalan Panawuan menjelang jembatan sekitar 40 derajat, kini terdapat titik lokasi jalan mulai retak yang jika tak segera diperbaiki bisa terancam ambruk.

Selain itu masih tanpa pengamanan pada sepanjang kiri dan kanan lintasannya, juga kondisi drainase pada kiri dan kanan ruas jalan dinilai penduduk setempat belum memadai.

Sedangkan mulai retaknya samping badan jalan, diduga kuat akibat kerap dilintasi truk sarat muatan. Namun pada samping jalan ini tak dibangun “Tembok Penahan Tebing” (TPT) berketinggian berkisar 1,5 – 2,0 meter.

Jembatan Ampel.

Kemudian pembangunan Jembatan Ampel, sebagai  penghubung Panawuan di Kelurahan Sukajaya Tarogong Kidul dengan Rancamaya.

“Jembatan berketinggian 11,5 meter terdiri 4,5 meter di antaranya kedalaman dua pondasi sumuran tersebut, menelan dana Rp2 miliar bersumber APBN/BPBD,” ungkap Kepala Seksi Penelitian dan Pengembangan pada Bidang Bina Program Dinas “Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang” PUPR) Kabupaten Garut, Gun Gun Sukma Utama, ST.

Penghubung Kampung Panawuan dengan Rancamaya.

Pembangunan lintasan Jembatan itu, berkonstruksi komposit kelas B baja siku berbentang sepanjang 20 meter, dan selebar tujuh meter termasuk pada kiri dan kanan trotoarnya masing-masing selebar 0,5 meter.

Dikatakan, bahu pada kedua ujung jembatan itu masing-masing sepanjang dua meter, sedangkan elektabilitas pemuaiannya menggunakan bantalan karet.

*********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here