Lingkungan dan Perilaku Penentu Derajat Kesehatan Masyarakat

0
8 views

Garut News ( Sabtu, 11/08 – 2018 ).

Kondisi lingkungan dan perilaku bisa menjadi penentu derajat kesehatan masyarakat yang berkualitas, atau sebaliknya. Sehingga guna mewujudkan lingkungan dan perilaku yang baik, diperlukan upaya peningkatkan promotif kesehatan.

“Ditunjang pula upaya preventif, kuratif, serta upaya rehabilitatif,” imbuh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. H. Dodo Suhendar, MM dihadapan 108 peserta Pertemuan Pembinaan Pengelolaan Desa Siaga Aktif.

Pada helatan selama dua hari di Jalan Merdeka Bandung sejak, Rabu ( 08/08 – 2018 ) tersebut, Dodo Suhendar juga katakan sehat itu modal utama untuk bersilaturahmi, dan untuk beraktivitas.

Diingatkannya, serangan penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan kanker bisa menjadi penyebab utama kematian.

Sehingga terdapat tiga pilar yang harus dimunculkan, terdiri membangun pemerintahan yang baik, yang memiliki komitmen terhadap kesehatan.

Kemudian bersama mewujudkan kota/kabupaten sehat, kecamatan/desa sehat dengan mengimplemntasikannya sebagai “Desa Sehat Siaga Aktif” agar menjadi “Lembur Walagri”.

Karena itu, kondisi dan lingkungan sehat ini. Bisa diselenggarakan dengan percontohan di tempat kerja, pasar dan terminal, serta pada tempat – tempat ibadah.

“Sekaligus pro aktif berupaya menditeksi dini hipertensi, asam urat, juga ibu hamil berisiko tinggi,” imbuh Dodo Suhendar pula, antara lain menambahkan.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.