Lantaran Hingar Bingar PKL, SDN Sukamentri Bakal Direlokasi

0
229 views

Garut News ( Jum’at, 14/08 – 2015 ).

Gedung PKL Berdampingan Dengan Sekolah.
Gedung PKL Berdampingan Dengan Sekolah.

– Menyikapi kekhawatiran orangtua murid dan pengelola SDN Sukamentri 3,4, dan 5 Kecamatan Garut Kota bisa berdampak negatif berdirinya Gedung PKL I, Pemkab Garut berencana merelokasi ketiga sekolah tersebut, ke tempat lain.

Eks bangunan sekolah dulu bernama SDN Guntur itu, direncanakan dirubuhkan kemudian lokasi tanahnya dipakai pembangunan Gedung PKL III.

Sedangkan lokasi tanah dibidik relokasi SD itu, arah belakang ekbekas kandang babi berjarak sekitar 500 meter dari lokasi saat ini.

Komplek Gedung PKL Garut Berdampingan Dengan Sekolah. (Foto: John Doddy Hidayat).
Komplek Gedung PKL Garut Berdampingan Dengan Sekolah. (Foto: John Doddy Hidayat).

“Berdasar hasil rapat kerja Komisi D dengan Bupati, Wabup, dan Sekda, ketiga sekolah ini direlokasi. Tempatnya kemungkinan ke belakang eks kandang babi. Dan di lokasi bekas ketiga sekolah ini akan dibangun gedung PKL tahap tiga,” ungkap Ketua Komisi D DPRD Asep De Maman, Jum’at (14/08-2015).

Hanya, katanya, luas tanah di sana hanya mencapai sekitar 80 tumbak. Padahal luas tanah dibutuhkan merekolasi SDN Sukamentri 3, 4, dan 5 tersebut sedikitnya 140 tumbak. Sehingga memenuhinya, Pemkab mesti menambah kekurangannya.

“Mau tak mau kekurangan lahan harus dipenuhi. Rencananya ya ditambah dengan tanah kebun kangkung di sekitarnya. Itu harus dibeli,” imbuh Maman.

Pihaknya belum mengetahui persis bagaimana detail rencana relokasi itu. Alasannya, masih sebatas wacana dan belum mengarah ke teknis.

“Kejelasannya baru diketahui nanti kalau pembangunan Gedung PKL II selesai. Yang pasti, pemerintah daerah optimis SDN Sukamentri 3, 4, dan 5 direlokasi pada 2016 nanti,” katanya.

Belum diketahui bagaimana sikap ketiga sekolah terhadap rencana relokasi itu. Namun banyak orangtua murid menyatakan kekhawatiran menurunnya jumlah murid jika sekolah direlokasi.

Juga menyangkut keselamatan, kenyamanan peserta didik lantaranruas jalan menuju lokasi bakal tempat relokasi cukup jauh. Padahal lalu lintas ruas jalan dengan lebar sekitar tiga meter itu terbilang ramai, terutama kendaraan ojek dan delman.

Salah satu orang tua murid SDN Sukamentri 3 asal Kampung/Kelurahan Ciwalen Ana S(47) mengatakan, jumlah murid di SDN Sukamentri 3, 4, dan 5 saat ini mencapai sekitar seribu orang. Terutama di kalangan guru, muncul kekhawatiran jika sekolah direlokasi maka jumlah muridnya menurun drastis.

Mereka takut seperti menimpa SDN Regol jumlah murid menjadimelorot drastis sebab bersengketa tanah dengan pihak gereja.

Selain itu, ungkap Ana, sekitar seratus meter dari tempat bakal relokasi ketiga sekolah inipun terdapat SDN Sukamentri 1 dan 2, serta di sebelah atasnya ada SDN Sukamentri 8 dan 9.

“Pihak orangtua juga belum tentu mau mengikutkan anaknya pindah. Daripada jauh, ya mending pindah saja ke sekolah lebih dekat, dan lebih mudah dijangkau,” tutur Ana.

SDN Sukamentri 3, 4, dan 5 berada persis di pinggir Jalan Guntur berjalur ramai lalulintas, dilintasi sedikitnya enam trayek angkutan kota (angkot).

Keramaian lalulintas pada ruas Jalan Guntur itu, diperparah hilir mudiknya kendaraan delman, ragam jenis kendaraan pribadi, angkutan barang, ojek, becak, dan kendaraan keluar masuk proyek.

“Persoalannya, solusi saat ini bagaimana? Jangan sampai PKL dianakemaskan, tetapi pendidikan malahan dianaktirikan,” beber Ana juga mantan pekerja sosial di Kabupaten Garut.

*********

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here