Kuttab Yadul ‘Ulya Tanamkan Iman dan Adab Kepada Santri

0
10 views
Setiap Pagi Upacara, Diajak sekaligus mendapatkan contoh berperilaku, perangai, maupun adab yang didasarkan pada nilai-nilai wahyu sebagaimana dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Mewujudkan keimanan, dan keislaman yang paripurna sebagai Muslim, dalam Bingkai NKRI.

“Berikrar Setiap Hari Sebelum Dimulainya Pembelajaran”

Garut News ( Senin, 07/10 – 2019 ).

Kuttab Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat, senantiasa menanamkan keimanan kepada Allah SWT, dan adab kepada setiap seluruh santrinya.

“Sehingga setiap hari sebelum dimulainya proses pembelajaran di pagi hari, berlangsung upacara maupun apel pagi. Selain diawali dengan berdo’a bersama juga para santri mengemukakan ikrarnya,” ungkap Pimpinan Ponpes Digital Modern tersebut M. Angga Tirta.

Ikrar berupa pernyataan sikap untuk menjadi generasi terbaik, kesiapan belajar dengan tekun dan bersungguh-sungguh memelajari juga menghafal maupun Tahfiz Qur’an, dan Hadis serta hormat dan patuh kepada orangtua, guru maupun orang yang berusia lebih tua.

Bangun Kemandirian yang Berakhlaqoulkarimah.

Penanaman nilai luhur keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, antara lain dilandasi pula dengan adab budi pekerti, tata krama berperilaku, sopan santun bertutur kata, termasuk cara berpakaian yang sopan dan bersih.

Kemudian adab pula terhadap lingkungan serta alam semesta ciptaan Allah SWT, dalam artian para santri pun diharuskan menjaga dan memelihara lingkungan, ketertiban serta kebersihan dimana dan kapanpun berada.

Selanjutnya pada tahun keempat dan kelima para santri pun mulai belajar bertabligh sekaligus membangun komunikasi yang baik, benar, dan sehat untuk berdakwah di tengah masyarakat lingkungannya, menyusul Masjid Kuttab Yadul ‘Ulya pun terbuka untuk umum.

Sehingga proses pendidikan Agama Islam disertai keterampilan berusaha mandiri, bisa menjadi pilihan para santri ke depan menentukan profesinya setelah mereka tuntas menyelesaikan pendidikan di Kuttab ini, imbuh Angga Tirta.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here