KPU Kembalikan Berkas Pasangan Balon Agus – Pradana

0
46 views
Ketua KPU Kabupaten Garut.

Garut News ( Rabu, 10/01 – 2018 ).

Ketua KPU Kabupaten Garut.

KPU Kabupaten Garut terpaksa mengembalikan berkas pencalonan pasangan bakal calon (balon) Bupati/Wabup Garut Agus Hamdani-Pradana Aditya Wicaksana (Agus-Adit), mereka diusung PPP, PAN, dan Hanura saat pendaftaran lantaran dinilai ada berkas kelengkapan persyaratan tak memenuhi ketentuan.

Pihak KPU pun memersilahkan Agus-Adit memerbaiki berkas persyaratan agar bisa mendaftar lagi ke KPU dengan tenggat waktu hingga pukul 24.00 WIB, Rabu (10/01-2018).

Jika pendaftaran dengan penyerahan hasil perbaikan berkas syarat pencalonan dilakukan melebihi batas waktu tersebut, maka pasangan balon dianggap tak mendaftar.

Berkas dukungan pencalonan dikeluarkan Hanura dinilai cacat. “Ada tandatangan dukungan dari salah satu partai tak sesuai aturan. Jadi berkasnya dikembalikan untuk diperbaiki,” kata Ketua KPU Garut Hilwan Fanaqi usai pemeriksaan berkas pencalonan Agus-Adit di kantor KPU Garut, Rabu (10/01-2018).

Menurut dia, Surat Keputusan (SK) dukungan seharusnya ditandatangani Ketua Umum Partai, dan Sekretaris.

Tetapi pada SK salah satu dukungan partai yakni Hanura, hanya ditandatangani Wakil Sekretaris.

Kepada wartawan, Ketua DPC Hanura Garut Sherli Besi katakan berkaitan SK dukungan partai terhadap pasangan Agus-Adit tak sesuai ketentuan itu, terjadi karena ada sedikit masalah teknis, dan segera diperbaiki di DPP Hanura.

“Kalau dukungan, sudah positif. Sekarang SK sedang dibikin. Tinggal ngambil,” ungkapnya yakin.

Pihak KPU pun sebelum mengembalikan berkas kepada pasangan balon Agus-Adit sempat memberikan opsi. Apakah berkas dukungan pencalonan akan diperbaiki lebih dahulu, atau pendaftaran dilanjutkan tanpa keikutsertaan Hanura.

Karena, jika hanya mengandalkan dukungan PPP dengan PAN pun, Agus-Adit bisa mendaftar karena jumlah minimal dukungan sebanyak 10 kursi untuk pencalonan terpenuhi. Total gabungan PPP dan PAN sendiri menghasilkan sebanyak 11 kursi. Sedangkan Hanura memiliki lima kursi (DPRD).

Menanggapi opsi tersebut, pihak PPP menegaskan menarik kembali berkas pendaftaran untuk dilakukan perbaikan, dan akan kembali mendaftar segera setelah perbaikan berkas.

Beda dengan pasangan balon lain mendaftar ke KPU setelah lebih dulu menggelar deklarasi koalisi partai dan pemenangan balon, pasangan Agus-Adit justru memilih mendaftar ke KPU dulu sekutar pukul 11.00 WIB. Kemudian menggelar deklarasi di aula kompleks pendidikan Al Musadaddiyah Garut sekitar pukul 13.00 WIB.

Karena terganjal berkas persyaratan tak memenuhi ketentuan, Agus-Aditya terpaksa melangsungkan deklarasi di tengah upaya melakukan perbaikan berkas berpacu dengan batas waktu pendaftaran yang kian menyempit.

********

NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here