KPU Garut Bingung Terkait Desakan Tuntutan Pengunjukrasa

by

Garut News, ( Selasa, 17/09 ).

suasanaKetua KPU Kabupaten Garut Aja Rowikarim dan anggotanya menemui para pengunjuk rasa di depan Gedung Mutiara, Selasa (17/09).

Sehingga proses Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara, terpaksa sementara diskor beberapa saat.

Di atas mobil bak terbuka para pengunjuk rasa, Rowikarim mengaku bingung terhadap desakan tuntutan, terkait penjelasan kudu disampaikannya pada massa.

Meski, dia juga menegaskan seluruh proses tahapan Pilbup 2013 dilakukan KPU sesuai aturan perundang-undangan berlaku.

Ditegaskan, tak mengapa jika hasil Pilbup Garut 2013 dibatalkan apabila memang terbukti terjadi kecurangan, dan pelanggaran pada pelaksanaannya.

“Bagi KPU tak terdapat kepentingan apapun. Mau dibatalkan. Mau diulang berapa kali juga tak masalah. Tetapi buktikan jika memang ada kecurangan. Silahkan laporkan ke Panwas, dan kalau memang ada rekomendasi terjadi kecurangan atawa pelanggaran, kami ikuti, apakah batal atawa tidak,” kata Aja.

Dikemukakan, tak takut jika dirinya diadukan ke Panwaslu, Polda Jabar maupun Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

Dipersilahkan massa membuktikan tuduhan mereka adanya kecurangan pada Pilbup Garut.

“Tetapi proses mekanisme rekapitulasi hasil suara di tingkat kabupaten¬† ini, tak bisa dihentikan sebab aturan mengharuskannya begituemba, bisa membatalkan Mahkamah Konstitusi,” ungkapnya.

***** Zainul, JDH.