Kotaku Jadikan Pakuwon Garut Kian Ramah Lingkungan

0
11 views
Sekaligus Mengadvokasi Masyarakat Berperilaku Sehat, Bersih, Tertib juga Mandiri.

“Berfungsi Biopori yang Asri Berpenghijauan”

Garut News ( Kamis, 21/11 – 2019 ).

Penyelenggaraan program “Kota Tanpa Kumuh” (Kotaku) 2019 ini, menjadikan Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota kian ramah lingkungan. Lantaran dikemas apik dengan penataan berfungsi biopori yang asri berpenghijauan.

“Bahkan kondisi lingkungan tersebut diserasikan dengan sparasi pewarnaan lintasan dinding maupun tembok, yang dipastikan bisa memberi banyak inpirasi positip bagi siapa pun melintasinya,” ungkap Agus Setiawan dari “Badan Keswadayaan Masyarakat” (BKM).

Kepada Garut News, Kamis (21/11-2019), dia katakan ada 47 titik lokasi kegiatan di kelurahannya disentuh program tersebut, tersebar pada 5 RW dengan sekitar 25 RT yang dihuni 1.200 kepala keluarga (KK) penduduk atau 3.600 warga penerima manfaat.

Sedangkan kegiatan programnya dilaksanakan oleh empat kelompok swadaya masyarakat, yang kini tuntas 70 persen selesai dengan total alokasi pendanaannya bernilai Rp2 miliar bersumber APBN 2019.

Dikemukakan Agus Setiawan, ditargetkan awal Desember 2019 seluruh kegiatan program bisa tuntas diselesaikan, berupa pengerjaan pemasangan paving block yang sekaligus berfungsi biopori.

Kemudian pembuatan dan penataan drainase, serta pembangunan MCK, dilaksanakan pula penghijauan lingkungan, dan keserasian pewarnaan.

“Sehingga diharapkan peran serta aktif masyarakat memelihara dan menjaga kondisi lingkungan yang selama ini dilakukan ragam upaya perbaikan, serta penataannya,” Imbuh Agus Setiawan.

Dia pun juga berharap, penyelenggaraan program Kotaku tersebut di kelurahannya bisa kembali terselenggara pada 2020 mendatang.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here