Korban Cimanuk Berswadaya Perbaiki Lingkungan Terdampak Bencana

0
17 views
Memerbaiki Kerusakan Jalan Lingkungan.

“Mereka Dibiarkan Menderita Berkepanjangan”

Garut News (Jum’at, 03/11 – 2017 ).

Memerbaiki Kerusakan Jalan Lingkungan.

Puluhan hingga ratusan penduduk mulai anak-anak hingga orangtua korban selamat puncak amuk Sungai Cimanuk Garut, Jawa Barat, 20 September 2016 silam. Pada sepanjang Jum’at (03/11-2017), berswadaya memerbaiki kondisi kerusakan lingkungan terdampak banjir bandang tersebut.

Mereka termasuk Nanang Heru (51) mengaku, selama ini merasa dibiarkan menderita berkepanjangan.

Kerap Dilintasi Anak-anak Sekolah.

Lantaran meski kini satu tahun lebih pasca bencana itu terjadi. Namun masih belum direlokasi bahkan kondisi sosial ekonomi para korban juga belum dipulihkan.

Sutarmin Beristirahat Sejenak Bersama Keluarganya.

Padahal, nyaris setiap seluruh korban terdampak kini berkondisi perekonomian sangat murat -marit, sehingga semakin mendesak bisa segera diberikan pelatihan keterampilan, dan pasokan bantuan modal usaha produktif.

Korban Cimanuk Berswadaya Perbaiki Kerusakan Lingkungan Terdampak Bencana.

Mereka pun terpaksa kembali bermukim pada kawasan yang pernah diporak-porandakan amukan Sungai Cimanuk, khususnya di seputar lingkungan RW. 12 Kampung Kikisik Kelurahan Sukakarya Tarogong Kidul.

Kendati berkondisi banyak mengalami kerusakan, termasuk kerusakan lintasan jalan lingkungannya sepanjang 340 meter, yang selama ini melintasi areal persawahan namun merupakan jalan utama terutama bagi kalangan pelajar setiap hari melintasinya pergi dan pulang sekolah.

Mereka Harapkan Hati Nurani Kepedulian Pemerintah.

Sutarmin juga korban terdampak bencana yang sempat meluluh-lantakan rumahnya, bersama warga lainnya menggerakan swadaya masyarakat setempat untuk kembali membenahi, serta memerbaiki kerusakan jalan lingkungan.

Warga Bekerja Bhakti.

Sehingga berhasil mengumpulkan belasan zak semen dari kalangan donatur, termasuk mengumpulkan pasir untuk dijadikan bahan baku bekerja bhakti sepanjang hari.

Warga Kampung Kikisik Pulang Sekolah.

Total swadaya masyarakat yang mencapai nilai lebih Rp5 juta ini, termasuk bisa memerbaiki jalan lingkungan yang menembus Kelurahan Paminggir di wilayah Kecamatan Garut Kota.

Anak Korban Terdampak Bencana.

Meski demikian, penduduk Kampung Kikisik sangat mengharapkan sumbangsih ragam bantuan dari Pemkab setempat, sekaligus bisa dipermudah dalam memproses usulan bantuan untuk warga jompo berusia tua.

Karena itu, pihak kelurahan dan kecamatan pun hendaknya jangan menunda-nunda memproses pengusulan masyarakat agar bisa segera mendapatkan bantuan sosial dari mana pun, imbuh Nanag Heru pula, antara lain menambahkan.

**********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.