Kondisi Taman Kantor Bupati Garut Terkesan Dibiarkan Terlantar

0
17 views
Ilustrasi. Contoh Soal Taman Ganesa Depan Kampus ITB Senantiasa Terpelihara.

“Ada Contoh Soal Taman Ganesa Depan Kampus ITB Senantiasa Terpelihara.. Bro”

Garut News ( Senin, 22/10 – 2018 ).

Ilustrasi. Contoh Soal Taman Ganesa Depan Kampus ITB Senantiasa Terpelihara.

Kini kian banyaknya kalangan memertanyakan kondisi taman di lingkungan perkantoran Setda (Bupati dan Wabup) Garut di Jalan Pembangunan yang terkesan dibiarkan telantar.

Kesan tak terpeliharanya taman terutama di depan halaman kantor Bupati tersebut, cukup mencolok mata. Keadaan tanahnya menjadi kering kerontang. Sehingga tak ada kesan hijau sejuk nan asri.

Lantaran rumput-rumputnya juga meranggas mati kekeringan berbaur dengan dedaunan kering yang terhampar di sekitarnya.

Sedangkan kolam tempat tugu berupa batu intan berbahan stainles steel pengganti patung Domba Garut di depan kantor Bupati pula, maupun kolam kecil di taman di tengah lingkungan gedung perkantoran Setda pun hanya dijemur matahari.

Padahal setiap tahu, di lingkungan Setda tak pernah sepi dari kegiatan penataan fisik, pemeliharaan, pengadaan barang dan jasa termasuk penataan taman dengan menghabiskan anggaran hingga miliaran rupiah.

“Kita sering memertanyakan, dan mengingatkan ragam kegiatan di lingkungan Setda ini. Kerap banyak kegiatan terindikasi tak jelas asas kebutuhan, dan kemanfaatannya bagi publik. Mubazir. Bahkan tanaman di taman pun terkesan tak dipelihara. Cuma dipangkas, dan daun-daunnya disapu. Begitu masuk kemarau, tanaman mati kekeringan. Apa di lingkungan Setda juga mengalami krisis air? Sehingga tanaman menjadi mati tak tersiram air,” tandas Ketua DPD Laskar Indonesia Kabupaten Garut Dudi Supriadi, Ahad ( 21/10 – 2018 ).

Menurut dia, kondisi seperti itu sangat memprihatinkan sebab taman di lingkungan Setda apalagi persis depan kantor Bupati merupakan etalase Pemkab.

“Bagaimana mungkin kita bicara keindahan taman-taman kota ? Sedangkan taman di depan mata saja, setiap waktu acap dilewati Bupati, Wabup, Sekda, para pejabat, dan tamu-tamu tak terperhatikan ?” tegas Dudi.

Jika kondisinya seperti ini, lanjutnya, dikhawatirkan banyak kegiatan di lingkungan Setda Garut tak bermanfaat apa-apa selain menghamburkan anggaran.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Garut Asep Suparman menegaskan, taman di lingkungan Setda Garut bukan merupakan kewenangannya melainkan kewenangan bagian yang ada di lingkungan Setda.

Kepala Bagian Perlengkapan Setda Garut, Nurlan Rahmat katakan pemeliharaan taman bukan kewenangannya melainkan ada di bagian lain yang secara teknis dilaksanakan pihak ketiga. Senada dikemukakan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Garut Undang Saripudin.

“Setahu saya, pemeliharaannya masih ada pada pihak ketiga. Tetapi saya pun kurang tahu persis karena ini bukan di bagian saya. Namun, saya melayangkan surat ke Plt (Pelaksana Teknis) Sekda mengenai keadaan taman depan kantor Bupati ini, supaya rumputnya bisa diganti,” katanya.

Salah seorang pegawai di Bagian Umum menyebutkan, tanaman rumput di taman halaman kantor Bupati tersebut sempat diperiksa, dan keadaannya mati kekeringan.

“Kalaupun disiram, kecil kemungkinan tumbuh lagi. Akar-akarnya mati kekeringan. Satu-satunya cara harus diganti. Kita beli rumputnya, dan tinggal ditanam. Dalam waktu dekat inilah,” katanya pula.

*********

NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here