Kobaran Api Nyaris Ranggas Bangunan DPRD Garut

0
46 views
Kobaran Api. (Ilustrasi).

Garut News ( Kamis, 30/08 – 2018 ).

Kobaran Api. (Ilustrasi).

Besarnya kobaran api nyaris meranggas bangunan smoking area (tempat khusus merokok) pada lingkungan gedung DPRD Garut di Jalan Patriot, Kamis ( 30/08 – 2018), sekitar pukul 15.00 WIB.

Api sempat membakar bangku plastik, serta tumpukan ban bekas, juga benda lain berada persis di tembok belakang bangunan tersebut. mendadak – sontak api berkobar besar mengeluarkan asap hitam cukup tebal.

Petugas keamanan setempat mengetahui, segera melakukan tindakan penyemprotkan cairan pemadam kebakaran. Sehingga api pun dengan cepat bisa dipadamkan.

Akan tetapi tak urung, sejumlah benda mudah terbakar, antara lain kursi plastik, ban bekas, dan potongan kanopi berbahan fiberglass meleleh hangus dilalap api.

“Memang sempat tercium bau asap pembakaran, awalnya saya tak curiga. Saya kira itu bau asap pembakar sampah di luar di halaman belakang Bappeda. Tetapi saya terkejut ketika ada orang melihat itu kebakaran di belakang smoking area. Saya dan teman langsung lari mengambil tabung pemadam kebakaran. Alhamdulillah, api bisa cepat dipadamkan,” ungkap Yusuf Firmansyah petugas keamanan setempat.

Dikemukakan, dirinya juga sempat bingung dengan kejadian itu, terutama mengenai sumber api kebakaran. Lantaran, pada saat kejadian, sekitar lokasi berkondisi sepi.

Jendela pada bangunan smoking area pun tertutup. Sehingga tak mungkin sumber api dari puntung rokok.

Area parkir kendaraan roda dua sekitar bangunan juga kosong. Hanya ada satu kendaraan roda dua. Itu pun tak terlihat ada orang berlalu lalang. Teras bangunan juga dipenuhi meja kayu besar hingga tak mungkin ada orang nongkrong.

Akan tetapi belakangan diketahui peristiwa ini, diduga kuat dipicu seseorang membakar kertas kuitansi pada sebuah bekas wadah plastik cat tembok teronggok dekat tumpukan ban bekas, dan kursi plastik.

Dia membakar kertas kuitansi, dan meninggalkan lokasi. Tanpa disadari, rupanya api terus membakar wadah cat terbuat dari plastik, dan menjalar pada kursi plastik serta ban bekas.

“Kalau saja terlambat, api bisa sangat cepat membesar. Di sana kan banyak ban bekas,” ujarnya.

*********

NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here