Kinerja KPU Garut Serba Telat

0
17 views
TPS di Kampung Cilembu Garut, Memanfaatkan Ruang Penggilingan Padi.

“Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Unggul”

Garut News ( Rabu, 17/04 – 2019 ).

Kinerja KPU Kabupaten Garut dinilai banyak kalangan serba telat, sehingga proses pengiriman logistik Pemilu termasuk kotak surat suara mengesankan serba dadakan, bahkan hingga penyelenggaraan pemungutan suara pada  sejumlah TPS di kabupaten setempat juga sempat tertunda beberapa jam lamanya.

Lantaran, sejumlah surat suara tertukar di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) terjadi kekurangan jumlah suarat suara.

Padahal, warga pemilih mengantre sejak pukul 07.00 WIB. Seperti terjadi di TPS 11 Kampung Astanagirang Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul. Maka pelaksanaan pemungutan suara terpaksa ditunda akibat ratusan surat suara untuk DPRD Garut Dapil 5 tak tersedia. Justru, surat suara yang ada DPRD Garut Dapil 4.

Selama lebih dari satu jam warga menunggu datangnya surat suara pengganti dari KPU Garut agar bisa dimulainya pemungutan suara. Di TPS 11 itu pun kekurangan surat suara mencapai 115 lembar.

“Ini sangat disayangkan. Waktu kami jadi terbuang menunggu tibanya surat pengganti. Sedangkan waktu terus berjalan,” sesal Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 11 Desa Sukajaya Solihin, Rabu (17/4/2019)

Dikemukakan, di TPS 12 yang berada di desa yang sama pelaksanaan pemungutan suara sempat tertunda pula beberapa saat karena terdapat kekurangan jumlah surat suara mencapai 131 lembar.

Seperti halnya di kedua TPS tersebut, pelaksanaan pemungutan suara di TPS 08 dan TPS 09 Kelurahan Pataruman Tarogong Kidul pun sempat mengalami keterlambatan lebih satu jam akbiat terdapat kekurangan surat suara.

“Dari keterangan panitia, selain logistik Pemilu diterima di PPS mepet, surat suara juga ternyata baru ada 80 persen. Surat susulan lamban sekali datangnya. Maka pemungutan suara dimulainya agak siang,” ungkap Anen salah seorang warga pemilih.

meski sempat mengalami penundaan beberapa saat akibat tertukar surat suara maupun mengalami kekurangan dari yang dibutuhkan, di pelaksaaan pemungutan suara di TPS-TPS itu berlangsung tertib, dan aman. Dengan sabar, penduduk mengantre untuk menyalurkan hak politiknya dengan antusias.

“Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Unggul”

Usai pencoblosan, di TPS 08 dan TPS 09 itu pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul telak atas pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dari total suara sah sebanyak 264 suara, pasangan 02 mendapatkan sebanyak 224 suara. Sedangan, pasangan 01 hanya mendapatkan sebanyak 40 suara.

Keunggulan telak pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ini, diraih pula pada enam TPS lainnya sehingga berhasil meraih 961 suara, sedangkan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin meraih 232 suara.

Keenam TPS ini terdiri TPS 16, 017, dan TPS 21 di Kelurahan Sukajaya, kemudian pada TPS 14 dan 15 di Pelataran Kantor Disdik Garut, serta TPS 14 di Kelurahan Jayawaras Gordah, dengan total keseluruhan 17 suara yang tidak sah.

********

NZ,JDH/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here