Ketua Pansus IV DPRD Garut Meradang

0
38 views

Garut News ( Jum’at, 24/04 – 2015 ).

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Euis Ida Wartiah Ketua Pansus IV DPRD Garut tentang Pajak Daerah, menjadi meradang lantaran tak satu pun pengusaha hadir memenuhi undangan DPRD terkait sosialisasi Raperda Pajak Daerah, Jumat (24/04-2015).

Menyusul meski diundang, namun para pengusaha  hanya mewakilkan pada masing-masing karyawannya.

Meski helatan tersebut dinilai penting bisa mendapatkan pelbagai saran, dan masukan beragam kalangan, terutama pengusaha, agar tarif pajak daerah memiliki asas keadilan, transparan, dan akuntabel.

Apalagi rencana penerapan penarikan tarif pajak bersistem tarif tunggal dari semula multitarif, serta penurunan tarif tertinggi pajak hiburan khusus menjadi 50% dari semula 75%.

“Sangat mengecewakan, dan jelas kami merasa dilecehkan karena yang hadir hanya karyawan tak bisa membuat keputusan apa-apa. Padahal di sini waktu sosialisasi dan urun rembuk. Jadi, nanti jika pajak ini diperdakan tak ada lagi protes,” tandas Euis Ida.

Dia mengakui “Pendapatan Asli Daerah” (PAD) Garut dari sektor pajak belum optimal, bahkan kedodoran dibandingkan daerah lain.

Sejumlah pengusaha di Garut juga diindikasikan melakukan mark down dalam pelaporan omzet penghasilan terkait kewajiban pembayaran pajaknya.

Dia meminta “Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset” (DPPKA), “Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu” (BPMPT), serta “Dinas Kebudayaan dan Pariwisata” (Disbudpar) berkoordinasi agar sinergis, juga jangan saling menyalahkan.

Kabid Pendapatan pada DPPKA Mardiyanto mengakui indikasi para pengusaha melakukan mark down atas penghasilan mereka. Namun dia menyatakan, penarikan pajak diusulkan multitarif dengan alasan banyak omzet pengusaha bersifat fluktuatif.

Perwakilan pengusaha dari LC Karaoke, Indra katakan pihaknya selama ini dipungut pajak hanya 10% dari omzet penghasilan. Sehingga dirinya mengaku kaget  tarif pajak hiburan akan diterapkan 50%.

Setahu kita, diterapkan itu hanya 10%. Jadi tolong minta penjelasan, 50% itu seperti apa? Ini untuk laporan ke bos, katanya.

********

Noel, jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here