Kepala SMKN 1 Garut Ajak Bermuhasabah Jelang Pergantian Tahun

0
38 views
Drs H. Dadang Johar Arifin, MM.

Garut News ( Kamis, 20/12 – 2018 ).

Drs H. Dadang Johar Arifin, MM.

Kepala SMKN 1 Garut Drs H. Dadang Johar Arifin, MM mengajak seluruh keluarga besar lembaga pendidikannya senantiasa bermuhasabah, termasuk pada sepanjang malam pergantian tahun baru 2018 – 2019.

Sehingga sepanjang malam hingga tibanya pergantian tahun bisa terisi dengan ragam kegiatan bernuansakan Islami, atau tak menjadi latah dengan rutinitas aktivitas sarat hura – hura berpesta membakar kembang api, dan hingar bingar sepanjang jalan.

Masjid Di Kampus SMKN 1 Garut.

“Ajakan kepada seluruh murid, dan orangtua mereka disampaikan pula pada rapat pembagian raport,” imbuh Dadang Johar Arifin kepada Garut News, Kamis (20/12-2018).

Sekaligus dibahas perlunya ajakan orangtua murid kepada putra – putrinya masing – masing untuk menjadikan sepanjang malam pergantian tahun baru menjadi agenda berkumpul dengan keluarga, melaksanakan kegiatan Islami.

Guna menghindari perbuatan merugikan diri, serta membahas masalah geng motor, demi kelangsungan belajar, dan untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Karena itu juga diharapkan, minimal ada himbauan dari Kepala Daerah, Wakil Bupati, serta Kepala Dinas Pendidikan kabupaten setempat, supaya kaum Muslimin dapat menghadapi malam tahun baru dengan bermuhasabah, dan bertafaqur.

SMKN 1 Garut Bersuasana Bersih, Sehat, dan Sangat Menyenangkan.

Lantaran pada 2019 rentan dengan kegiatan politik, yang patut disikapi dengan arif dan bijaksana. Maka diperlukan seruan kepada Umat Islam untuk banyak mengisi waktu dengan kegiatan yang Islami.

Supaya kabupaten ini lebih berkah, maupun selalu mendapatkan rakhmat Allah SWT yang menjadikan ‘baldatun-thayyibatun-wa-rabbun-ghafur’, dengan kekuatan do’a dan keimanan.

Sedangkan muhasabah, upaya evaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya. Merupakan salah satu sarana yang bisa mengantarkan manusia mencapai tingkat kesempurnaan sebagai hamba Allah SWT.

Kampus SMKN 1 Garut.

Empat hal pentingnya bermuhasabah. Pertama, muhasabah merupakan perintah Allah SWT. Sesuai Alquran Surat al-Hasyr ayat 18, bahwa setiap orang beriman diwajibkan bertakwa kepada Allah. Setiap orang juga harus memerhatikan apa yang telah dilakukannya demi akhirat.

Kedua, muhasabah merupakan Qadhaaya Imaniyah atau diskursus keimanan. Artinya barometer keimanan seorang mukmin sangat ditentukan oleh sejauh mana ia menerapkan muhasabah dalam kehidupannya.

Ketiga, muhasabah karakter orang bertakwa, serta Keempat, muhasabah kunci sukses kehidupan manusia yang unggul. Generasi terbaik umat Islam adalah para sahabat. Sehingga kehidupan mereka tak pernah lepas dari kegiatan muhasabah diri.

“Lomba Kompetensi Siswa/LKS”

Pada bagian lain Dadang Johar Arifin katakan, pada 2019 kita menjadi tuan rumah penyelenggaraan “Lomba Kompetensi Siswa” (LKS) maka Kabupaten Garut jangan hanya menjadi penggembira.

Melainkan selain menyiapkan kemantapan kepanitiaannya, juga bisa memiliki tim sukses handal yang mendukung mendapatkan banyak medali dengan berbasiskan sportivitas, dan prestasi tinggi.

SMKN 1 Garut pun pada April 2019, menjadi institusi pendidikan digitalisasi bahkan bakal menjadi “Badan Layanan Umum Daerah” (BLUD).

Pada pemanfaatan liburan sekolah ini, antara lain sedikitnya 13 pendidik dan tenaga kependidikan SMKN 1 Garut menunaikan ibadah Umroh.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here