Kepala BPS RI Mengurai Mimpi Bupati Garut

0
177 views
Kepala BPS RI.

Garut News ( Sabtu, 06/10 – 20018 ).

Kepala BPS RI.

Kepala “Badan Pusat Statistik” (BPS) RI, Dr Suhariyanto cukup detail mengurai mimpi Bupati Garut Rudy Gunawan, yang berobsesi menurunkan jumlah penduduk miskin di kabupaten setempat dari 11 persen menjadi 6 persen pada 2019 mendatang.

“Diperlukan komitmen dan konsistensi bersama menggalang kerja keras berupaya maksimal mewujudkan harapan tersebut menjadi kenyataan, jika memang ada keinginan disertai tekad kuat menurunkan jumlah penduduk miskin itu,” tandas Suhariyanto ketika didesak pertanyaan Garut News, Sabtu ( 06/10 – 2018 ).

Kepala BPS Garut, Derdikarjaya, SE, MM Presentasikan Fungsi Ruang Data dan Informasi.

Kepala BPS RI seusai meresmikan revitalisasi pembangunan Kantor BPS Kabupaten Garut bernilai Rp1,56 miliar, juga mengemukakan terdapatnya gedung baru harus bisa menjadi penyemangat BPS kabupaten setempat.

Sehingga diharapkan, dapat diciptakan suasana kerja lebih nyaman, kompak, dengan hasil yang produktif, profesional, berintegritas, serta amanah.

Preentaikan Manfaat Data Online.

Gedung baru pun hendaknya tak hanya bagus saat peresmian, melainkan diperlukan pemeliharaan karena dibangun dengan “uang rakyat” yang juga harus bermanfaat untuk rakyat, imbuh Kepala BPS RI.

Diingatkan pula, berhasil diraihnya opini “Wajar Tanpa Pengecualian” (WTP), bukanlah prestasi. Tetapi kewajiban memenuhi pertanggungjawaban pengelolaan administrasi keuangan.

Karena itu, tingkatkan komunikasi, maknai data, tunjukan capaian – capaian, dan buatlah kajian – kajian sederhana untuk bisa meningkatkan “Indek Pembangunan Manusia” (IPM) ke depan.

Penandatanganan Prasati Gedung BPS Garut.

Kemudian memahami BPS ke dalam bahasa yang sederhana, ramah, menjadi info grafis yang mudah dicerna. Sehingga statistik menjadi menyenangkan.

Selanjutnya perkuat sinergitas, karena tak semua data dilakukan BPS, transfaran dan terbuka termasuk metodelogi untuk membahasnya. Serta independensi.

Kembali diingatkan pada 2020 mendatang bakal diselenggarakan sensus penduduk, antara lain guna menyiapkan perencanaan pada 2045 dengan penduduk manula jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat dari sekarang, katanya.

Suhariyanto kepada Garut News katakan pula, pendataan nilai dan volume ekspor Indonesia bersumber dari pelabuhan, dan tak setiap BPS kabupaten menghitung inflasi, termasuk tak semua BPS kabupaten menghitung indeks kebahagiaan.

Suasana Peresmian Gedung BPS Garut.

Sebelumnya Bupati Rudy Gunawan antara lain juga menyatakan, pada 2019 jumlah kemiskinan di kabupatennya bisa turun mencapai satu digit, katanya.

Dikemukakan Bupati, masih ada penduduk Garut yang belum masuk daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap. Belum memiliki KTP, serta ada yang ber – KTP banyak, ungkap Rudy Gunawan.

******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.