Kelurahan Pakuwon : Dirgahayu Hari Jadi ke-207 Garut

0
39 views
Dirgahayu Kabupaten Garut.
Tendi Sugandi, S.IP

“Kelurahan Pakuwon Garut Kota Kian Ramah Lingkungan”

Kepala Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota, Tendi Sugandi, S.IP Bersama Seluruh Keluarga Besar Kelurahan serta Semua Elemen dan Komponen Masyarakat Setempat.

Mengucapkan :  Dirgahayu Hari Jadi ke-207 Garut, 16 Februari 2020.

“Bekerja Bersungguh-sungguh dan BERTANGGUNGJAWAB MEWUJUDKAN GARUT YANG BERTAQWA MAJU DAN SEJAHTERA”

“Berfungsi Biopori yang Asri Berpenghijauan”

Penyelenggaraan program “Kota Tanpa Kumuh” (Kotaku) 2019, menjadikan Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota kian ramah lingkungan. Lantaran dikemas apik dengan penataan berfungsi biopori yang asri berpenghijauan.

“Bahkan kondisi lingkungan tersebut diserasikan dengan sparasi pewarnaan lintasan dinding maupun tembok, yang dipastikan bisa memberi banyak inpirasi positip bagi siapa pun melintasinya”

Ada 47 titik lokasi kegiatan di kelurahan itu disentuh program tersebut, tersebar pada 5 RW dengan sekitar 25 RT yang dihuni 1.200 kepala keluarga (KK) penduduk atau 3.600 warga penerima manfaat.

Sedangkan kegiatan programnya dilaksanakan oleh empat kelompok swadaya masyarakat, dengan total alokasi pendanaannya bernilai Rp2 miliar bersumber APBN 2019.

Pengerjaan pemasangan paving block pun sekaligus berfungsi biopori. Kemudian pembuatan dan penataan drainase, serta pembangunan MCK, dilaksanakan pula penghijauan lingkungan, dan keserasian pewarnaan.

“Sehingga diharapkan peran serta aktif masyarakat memelihara dan menjaga kondisi lingkungan yang selama ini dilakukan ragam upaya perbaikan, serta penataannya”

Sangat diharapkan, penyelenggaraan program Kotaku ini di kelurahan bisa kembali terselenggara pada 2020.

Lurah Tendi Sugandi Mengemukakan pula, pada 2020 ini diagendakan segera dibangun rehabilitasi satu rumah tak layak huni tak jauh dari lintasan bantaran ‘Daerah Aliran Sungai” (DAS) Cimanuk.

*******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here