Keluarga Besar SMPN 1 Cilawu : Dirgahayu Proklamasi Kemerdekaan RI

0
21 views
Kepala SMPN 1 Cilawu.
Kampus SMPN 1 Garut.

“Mengangkat Sejarah Bernilai Adi Luhung”

Kepala SMPN 1 Cilawu, Drs Rd. Yusuf Satria Gautama Bersama Seluruh Keluarga Besar Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMPN 1 Cilawu Mengucapkan :

Dirgahayu Peringatan ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI (17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2019).

Dipastikan Bisa Tampil Prima, Juga Memukau.(Foto : Repro/JDH).

Murid SMPN 1 Cilawu prima menyajikan keluhuran kearifan lokal berkemasan apik juga menarik bahkan bernilai adi luhung, melalui tarian yang mengangkat sejarah pembentukan Kabupaten Garut.

Lima murid, seorang di antaranya pria memerankan Bupati Pertama Garut RAA Adiwijaya (1813-1831), yang berhasil menemukan mata air mengalir ke Sungai Cimanuk berpemandangan indah dikelilingi Gunung Cikuray, Gunungapi Papandayan, Gunungapi Guntur, Gunungapi Galunggung, Gunung Talaga Bodas dan Gunung Karacak.

Bidang Sarana Prasarana Kontrol Sarana Olahraga SMPN 1 Cilawu.

Namun saat telaga kecil itu ditemukan, tertutup semak belukar berduri (Marantha), seorang panitia pencarian “kakarut” atau tergores tangannya berdarah, seorang Eropa menirukan kata kakarut dengan lidah yang tidak fasih sehingga sebutannya menjadi “gagarut”, kemudian hingga kini dikenal dengan sebutan “Garut”.

Demikian diungkapkan Kepala SMPN 1 Cilawu, Drs Rd. Yusuf Satria Gautama yang mengikut sertakan muridnya itu pada ajang “Festival Lomba Seni Nasional” (FLSN) Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Memiliki Masjid Berkondisi Sangat Memadai.

Selain di cabang tari diikutsertakan pula lima murid lainnya pada lomba seni tradisional, yang juga menampilkan kepiawaian memainkan gendang, kacapi, rampak suling, bonang, kendang, bahkan juga memainkan alat musik tradisional buatan sendiri.

“Keseluruhannya dimainkan bervariasi oleh murid kelas tujuh, dan kelas delapan ini,” ujar Yusuf Satria Gautama didampingi Wakasek Bidang Sarana Prasarana, Toni Safari, S.Pd, M.Pd.

Bersuasana Nyaman Belajar.

Dikemukakan, soliditas maupun kerukunan 80 pendidik serta tenaga kependidikan SMPN 1 Cilawu, optimis bisa mengantarkan sepuluh peserta muridnya berhasil meraih juara di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kemudian mengantarkannya pada FLSN Tingkat Nasional 2019, dan berhasil meraih juara umum. Lantaran pada 2016 – 2017 silam pun SMPN 1 Cilawu berhasil menjadikan Kabupaten Garut meraih juara umum pada ajang bergengsi tersebut.

Kegiatan Pelajaran Olahraga.

Sebelumnya, murid pada lembaga pendidikan ini berhasil menjadi juara umum FLSN Tingkat Kabupaten Garut 2019.

Karena itu, ragam persiapan juga latihan gencar diselenggarakan sejak tiga hingga empat bulan terakhir, dengan tetap tak mengabaikan kegiatan proses belajar mengajar lainnya.

Sekitar seluruh 1.100 murid SMPN 1 Cilawu, juga selama ini antara lain mendapatkan pendidikan karakter.

Berlingkungan Asri.

“Sedangkan setiap seluruh tenaga pendidik, dan kependidikannya tak hanya memberikan keteladanan, melainkan pula menjadi teladan bagi para peserta didik,” imbuh Yusuf Satria Gautama, antara lain menambahkan.

*******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here