Kelompok Punk Kerap Berkeliaran Merambah Kota Garut

0
23 views
Aparat Secara Persuasif Menasihati Kelompok Funk di Garut, Sabtu (22/09-2018).

Garut News ( Sabtu, 22/09 – 2018 ).

Aparat Secara Persuasif Menasihati Kelompok Funk di Garut, Sabtu (22/09-2018).

Foto berita Garut News pada akhir pekan ini, Sabtu ( 22/09 – 2018 ), memotret kelompok punk yang kerap berkeliaran merambah seputar Kota Garut, Jawa Barat.

Mobilitas mereka juga banyak di antaranya berdatangan dari kota tetangga, antara lain asal Tasikmalaya, dan Bandung.

Bertengger di Depan Kantor Pos Tarogong Kaler Garut.

Sedangkan proses perpindahannya cenderung bersifat nomaden, dengan menaiki ragam moda angkutan bak terbuka.

Meski ada pula memanfaatkan jasa angkutan kota sambil mengamen, yang acap secara paksa meminta imbalan kepada para penumpang.

Sehingga fenomena tersebut, sering meresahkan para pengguna jasa angkutan penumpang umum, terutama “emak emak”.

Dalam pada itu, Punk merupakan subkultur lahir di London, Inggris. Awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan golongan skinhead. Namun, sejak 1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah menyatu.

Merambah Kota Garut.

Lantaran memiliki semangat sama. Meski, Punk juga bisa berarti jenis musik atau genre yang lahir pada awal 1970-an. Punk pun dapat berarti ideologi hidup mencakup aspek sosial, dan politik.

Gerakan anak muda diawali anak-anak kelas pekerja ini, dengan segera merambah Amerika yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan dipicu kemerosotan moral oleh para tokoh politik, memicu tingkat pengangguran dan kriminalitas tinggi.

Punk berusaha menyindir para penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu-lagu bermusik dan lirik sederhana tetapi kadang-kadang kasar, beat cepat dan menghentak.

Banyak menyalahartikan punk sebagai glue sniffer, dan perusuh karena di Inggris pernah terjadi wabah penggunaan lem berbau tajam mengganti bir yang tak terbeli mereka.

Berkerumun di Lapangan Merdeka Garut.

Banyak pula merusak citra punk sebab banyak dari mereka berkeliaran di jalanan dan melakukan ragam tindak kriminal.

Punk lebih terkenal dari hal fashion dikenakan, dan tingkah laku mereka perlihatkan. Seperti potongan rambut mohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak mengira orang berpenampilan seperti itu layak disebut punker.

Punk juga merupakan gerakan perlawanan anak muda berlandaskan keyakinan we can do it ourselves. Penilaian punk dalam melihat suatu masalah dapat dilihat melalui lirik-lirik lagunya bercerita tentang masalah politik, lingkungan hidup, ekonomi, ideologi, sosial dan bahkan masalah agama.

*********

Pelbagai Sumber/Fotografer : John Doddy Hidayat.