Kehadiran Pegawai Pemkab Garut Cenderung Makin Melorot

0
51 views

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Kamis, 03/12 – 2015 ).

Apel di Lingkungan Disdik Garut, Rabu (02/12-2015).
Apel di Lingkungan Disdik Garut, Rabu (02/12-2015).

Bupati Rudy Gunawan nampak kecewa berat, lantaran kehadiran para pegawai di lingkungan Pemkab Garut sejak beberapa bulan terakhir cenderung semakin “melorot”.

Padahal sejak dirinya dilantik menjadi Bupati, tingkat kehadiran pegawai sempat mengalami peningkatan cukup baik. Sehingga “Indeks Kepuasan Masyarakat” (IKM) sempat pula meningkat, terutama bidang infrastruktur.

Kekecewaan orang nomor satu di Garut itu, mengemuka di hadapan para pegawai saat memimpin Apel Pagi di lingkungan Dinas Pendidikan Jalan Pembangunan, Rabu (02/11-2015).

“Apa ini menjadi gambaran kinerja keseluruhan pegawai?” ungkapnya bernada tanya.

Pegawai Salami Pejabat Disdik Garut Seusai Apel.
Pegawai Salami Pejabat Disdik Garut Seusai Apel.

Sebab terindikasi terjadi penurunan tingkat kehadiran pegawai, dirinya juga sengaja memimpin apel di lingkungan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Garut pada Selasa (01/12-2015) lalu.

“Kemarin saya sengaja apel di DPPKA, dan tingkat kehadiran hanya sekitar 50 persen. Sekarang di Dinas Pendidikan juta tak jauh beda. Kalau dikalkulasikan, mungkin hanya 45 persen. Saya heran. Pembinaan pegawai model apa dilakukan para pejabat setiap dinas ini?” ungkapnya pula, kecewa.

Dia mengingatkan, agar para pejabat memberikan contoh dan teladan pada para stafnya. Menurut dia, jabatan diamanatkan sebetulnya memberikan kemartabatan, katanya.

Menyadari perubahan kinerja birokrasi di lingkungan Pemkab Garut harus terus menjadi perhatiannya. Dia menegaskan, mulai saat ini pihaknya tak main-main terhadap persoalan tersebut, katanya pula.

Bahkan ia menekankan ada empat hal harus menjadi fokus perhatian para pegawai jika ingin menduduki sebuah jabatan. Apalagi dalam waktu dekat, pihaknya melakukan rotasi dan mutasi pejabat, imbuhnya.

Keempat hal tersebut, terdiri pegawai yang mendukung visi dan misi, fokus pada tugas pokok dan fungsi, mempunyai pemikiran inovatif, dan mampu bekerja dalam tim. kata Bupati.

*********

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here