Kebulatan Tekad Golkan DOB Garsel Pada 2015

0
28 views

Garut News ( Kamis, 05/03 – 2015 ).

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Kalangan eksekutif dan legislatif juga komponen masyarakat di selatan Kabupaten Garut menyatakan kebulatan tekad mereka.

Mengegolkan terbentuknya “Daerah Otonomi Baru Kabupaten Garut Selatan” (DOB Garsel) pada 2015 ini.

Menyusul sempat tertunda, semua optimis pembentukan DOB Garsel menjadi prioritas pada Sidang Paripurna DPR RI tahun ini.

Beda dengan calon DOB Sukabumi Utara dan Bogor Barat memiliki Manajemen Transisi, Garut justru belum ada Manajemen Transisinya.

Hanya dibandingkan Sukabumi Utara atawa Bogor Barat, DOB Garsel punya calon ibu kota pemerintahan, ungkap Dewan Penasehat Presidium Garut Selatan Suryaman Anang Suatma pada Rapat Persiapan Pembentukan DOB Garsel di Ruang Rapat Paripurna DPRD kabupaten setempat, Kamis (05/03-2015).

Menurut dia, Manajemen Transisi semestinya ada agar ketika DOB Garsel diundangkan, terdapat pedoman bisa langsung diimplementasikan.

Hal itu sesuai amanat pasal 24 Peraturan Pemerintah Nomor 78/2007 tentang Tata Cara Pembentukan Penghapusan dan Penggabungan Daerah.

Selain susunan Manajemen Transisi, ungkap Suryaman, dalam menyongsong diundangkannya DOB Garsel, juga mendesak dilakukan pemutakhiran data, khususnya menyangkut aset daerah.

Ungkapan senada dikemukakan Ketua Pembentukan Kabupaten Garsel Dedi Kurniawan. Menurutnya, penyusunan Manajemen Transisi, antara lain penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), inventarisasi struktur, dan kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Mantan anggota DPRD Garut periode 2009-2014 dari Fraksi PPP itu pun menyatakan gembira adanya kebulatan tekad seluruh unsur mengegolkan penetapan DOB Garsel tersebut.

Kita memersiapkan segala sesuatu diminta pusat. Termasuk meminta Garsel ditetapkan, sesuai UU 32/2004 tentang Pemerintah Daerah dan PP 78/2007.

Sebab, dulu ditangguhkan itu hanya penetapan Garsel, dan 20 calon DOB lainnya tak terpengaruh UU 23/2014, katanya.

Bupati Rudy Gunawan menyatakan, persoalan DOB Garsel menjadi skala prioritas dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), katanya.

Sekda Iman Alirahman menambahkan, pihaknya segera menyiapkan beberapa proyeksi penghitungan aset, jabatan, dan calon kantor pemerintahan dalam bentuk pengisian formulir.

Penyusunan Manajemen Transisi dipercepat melalui diskusi antara Presidium Garsel dengan SKPD tertentu.

Sebab kalau melalui kajian, memakan waktu lama, katanya pula.

Sedangkan menyangkut posisi jabatan SKPD belum ditentukan melainkan hanya menentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK)-nya dulu, dan pengisiannya diasumsikan mereka duduk menjabat sekarang, terutama camat dipastikan berjumlah 16 di DOB Garsel.

Intinya, kita melakukan pemutakhiran data dukungan. Termasuk aset yang ada penambahan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

Juga aset personel dan keuangan, ucapnya.

*********

Noel, Jdh.