Kearifan Lokal Makin Tergerus Modernitas Piranti Komunikasi

Kearifan Lokal Makin Tergerus Modernitas Piranti Komunikasi

843
0
SHARE

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Sabtu, 06/02 – 2016 ).

Media Bermain Anak-anak Ini Kian Terancam Punah.
Media Bermain Anak-anak Ini Kian Terancam Punah.

Foto Berita Garut News pada akhir pekan ini, Sabtu (06/02-2016), mengangkat fenomena makin tergerusnya produk kearifan lokal bernilai adi luhung, oleh modernitas ragam piranti komunikasi.

Sehingga anak-anak seusia pra sekolah “Taman Kanak-kanak” atawa TK pun, kini semakin banyak memanfaatkan perangkat komunikasi meski hanya sekedar untuk bermain-main, termasuk kian asyik bermain “game” secara individual, mereka nyaris tak memerlukan lagi rekan lain sebayanya untuk bermain.

Berikut ulasan pada catatan pinggir Goenawan Mohamad ;

Jika ada satu ikon yang menengarai zaman ini, itu adalah ponsel. Bahasa Indonesia menerjemahkannya dengan tepat sekali: “telepon genggam”. Saya singkat: TG. Ia bisa kita genggam kapan saja di mana saja, ia juga bisa menggenggam kita kapan saja dan di mana saja.

Juga Terancam Semakin Menyempitnya Halaman Sekolah, Juga Halaman Rumah.
Juga Terancam Semakin Menyempitnya Halaman Sekolah, Juga Halaman Rumah, Serta Minimnya Ruang Terbuka Hijau.

Hampir tiap kali seseorang duduk sendirian di sebuah pojok, atau dengan temannya bertemu di sebuah kafe, atau berjejal di bus atau hadir di rapat desa, akan segera HP, eh, TG dikeluarkan dari saku, pesan di layar sempit itu dibaca diam-diam, dan perhatian berpindah sejenak. Tak jarang percakapan terhenti.

Kini benda pertama yang ditengok ketika bangun pagi sebelum lampu dinyalakan bukan koran, bukan radio, bukan TV. Tapi TG: si BlackBerry, si Samsung, si Nokia, si Motorola.

Kita memasuki senjakala media cetak, seseorang berkata seperti penujum. Mungkin yang lebih tepat: kita memasuki dunia yang justru tak mengacuhkan nujuman dan senjakala. Dunia sedang dibentuk kapitalisme digital.

Produksi, pemasaran, persaingan, dan meluasnya konsumen kini seperti medium digital itu sendiri: meringkus, atau mengabaikan, ruang dan waktu.

Dua abad yang lalu, “Membaca koran pagi adalah doa pagi seorang realis,” kata Hegel di Eropa. Dengan doa dan koran arah pandang seseorang dibentuk oleh Tuhan (dalam doa) atau oleh “dunia sebagaimana adanya” (melalui berita-berita). Kedua-duanya, kata Hegel, memberikan rasa aman: orang tahu di mana ia berdiri.

Mengantar Anak Sekolah.
Mengantar Anak Sekolah.

Saya tak yakin, tapi bisa mengerti: di zaman Hegel, berlangganan koran adalah salah satu cara merawat stabilitas; koran yang dipilih seseorang adalah surat kabar yang sesuai dengan seleranya selama ini. Ia tahu “di mana ia berdiri”.

Tak mengherankan bila dalam Imagined Communities Benedict Anderson mengutip Hegel. Tapi ia menambahkan. Seperti doa pagi, membaca koran berlangsung dalam ruang privat yang hening, dalam lapis dalam kepala kita. Tapi pada saat yang sama, masing-masing kita sadar bahwa ratusan ribu orang lain yang tak kita ketahui identitasnya melakukan hal yang sama tiap hari, sepanjang tahun.

Sebuah “komunitas” pun terbangun dalam imajinasi kita. Kita tak hanya sadar di mana kita berdiri. Kita sadar dengan siapa kita berdiri. Kesadaran akan satu bangsa diperkuat lagi oleh satu bahasa dan satu jenis aksara tumbuh dari “kapitalisme cetak” ini, menurut thesis Anderson.

Tapi kini kita tak lagi hidup di zaman Mas Marco bahkan tak di zaman Jakob Oetama. Apa jadinya jika yang tercetak digantikan dengan yang digital?

Lintasi Pematang Areal Persawahan.
Lintasi Pematang Areal Persawahan.

Kita tatap layar kecil TG kita. Informasi berdatangan, rapat, cepat. Pesan lalu-lalang. Di Twitter berita 29 orang terbunuh di Burkina Faso disusul cerita seseorang yang kucingnya hamil. Praktis tiap tiga detik, sepanjang 24 jam. Balas-membalas, dari pelbagai pojok bumi.

Sementara halaman surat kabar ditata sang editor dengan hierarki antara yang penting dan yang kurang penting, dalam TG tak ada organisasi itu. Tiap informasi sama posisinya. Dialog (pesan “interaktif”) berlangsung tanpa moderator, tanpa otoritas. Siapa saja, dari orang yang paling tahu sampai dengan yang paling tolol, hadir di satu arena yang riuh.

Huruf bersilang selisih dengan foto, bunyi-bunyian, dan film. Indra penglihatan, yang dalam medium cetak praktis mendominasi pencerapan manusia tentang dunia meskipun berlangsung sebidang demi sebidang kini lebur bersama indra pendengaran.

Kecuali indra penghidu dan peraba, tubuh kita bergelut secara simultan dengan manusia dan peristiwa di mana pun. Sementara koran harian akan jadi basi dalam 24 jam, informasi digital akan hambar pada detik berikutnya.

Tak Diantar-jemput Dengan Mobil.
Hirup Udara Segar, Lantaran Tak Diantar-jemput Dengan Mobil Ber-AC.

Jarak jadi tipis. Kini kita tak membayangkan lagi sebuah kantor, di bagian komunitas nasional kita, tempat koran yang kita baca diproduksi. Pesan berlangsung dalam “deteritorialisasi”.

Mungkin sebab itu komunitas yang dalam dua abad terakhir terbentuk berkat pengaruh “kapitalisme cetak” akan berubah. “Bangsa” mungkin akan tak terkait dengan sebuah wilayah dan kenangan yang sama. Kita sudah banyak dengar tentang globalisasi, perpindahan modal dan tenaga dari satu negeri ke negeri lain. Mungkin kini pudar pengertian “tanah tumpah-darah”.

Tapi saya ragu bahwa akhirnya akan terjadi apa yang dimimpikan lagu Imagine. Kini memang menonjol, atau timbul lagi, “perkauman” yang tak berpaut pada “bangsa” dan “teritori”. Malah ada penolakan kepada konsep “bangsa”.

Asyik Bermain Air Hujan.
Asyik Bermain Air Hujan.

Tapi Michael Billig menulis satu buku yang serius tapi kocak, Banal Nationalism: nasionalisme hadir tiap hari, tak selalu mengejutkan: ada waktu nasional, ada iklim nasional, ada makanan nasional. Kosmopolitanisme pun hanya dalam fantasi.

“Saya belum pernah bertemu dengan banyak orang kosmopolitan dalam hidup saya,” kata Ben Anderson. “Mungkin tak lebih dari lima orang.”

Selebihnya, bahkan dengan TG, tetap seperti dulu.

*********
Goenawan Mohamad/Tempo.co

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY