KBN Inkubator Meretas Generasi Muda Terbaik Indonesia

0
302 views

Esay/ Fotografer : John Doddy Hidayat.

Garut News ( Kamis, 30/07 – 2015 ).

Sofyan, Sosok Lelaki "Low Profile"
Sofyan, Sosok Lelaki “Low Profile”

Profil Inspiratif kali ini, mengangkat sosok Sofyan.

Namun lelaki “low profile” Asli Garut tersebut, bergagasan luar biasa. Lantaran sejak 10 Juni 2010 bisa mewujudkan obsesinya membangun wahana, juga sekaligus institusi resmi pembinaan generasi muda.

Yang selama ini pula dikemas apik dengan terstruktur, terukur, terorganisasi serta berkurikulum, berbingkaikan “Korps Bela Negara” atawa KBN.

Senantiasa Humanis Membangun Komunikasi Dengan Generasi Muda.
Senantiasa Humanis Membangun Komunikasi Dengan Generasi Muda.

Antara lain berbasiskan cinta kepada tanah air, bangsa dan negara, sehingga menjadikan KBN sebagai inkubator meretas generasi muda terbaik Indonesia.

Di antaranya mewujudkan generasi muda yang unggul, tertib, percaya diri, disiplin, bermasa depan, dan berkepribadian, tetapi senantiasa tetap humanis dengan berempati tinggi.

Personil KBN Garut Bersama Penerbang.
Personil KBN Garut Bersama Penerbang.

Kepada Garut News, Kamis (30/07-2015), Sofyan antara lain katakan, yang sangat dibanggakannya berupa dapat tercapainya kepuasan bathin jika setiap alumni KBN bisa diterima menjadi TNI, Polri maupun bidang pekerjaan lain yang mapan.

Sedangkan gagasan mewujudkan KBN itu, terilhami ragam keinginan rekan-rekannya sesama “Resimen Mahasiswa” (Menwa) di Bandung tahun 1980-an, “memberikan yang terbaik”.

Jalin Kebersamaan.
Jalin Kebersamaan.

Singkat cerita pada areal seluas lebih satu hektare di Kampung Dukuh Kelurahan Pananjung Kecamatan Tarogong Kaler, dibangun beragam sarana-prasarana pembinaan fisik dan mental generasi muda.

Bernilai investasi lebih Rp3 miliar.

Juga dilengkapi pelbagai sarana-prasarana penunjangnya, yang hingga kini sedikitnya terdapat 650-an alumni KBN dalam tujuh angkatan, sekitar 70-an di antaranya kaum perempuan.

Personil KBN Tunjukkan Kemahiran Meluncur.
Personil KBN Tunjukkan Kemahiran Meluncur.

Kini wahana ini, dilengkapi pula ruang pertemuan yang refresentatif, juga sarana beristirahat keluarga atawa pemenuhan kebutuhan “week and”.

Guna menunjang pemenuhan kebutuhan operasional, lantaran setiap peserta pelatihan maupun pendidikan sama sekali tak dipungut biaya.

Proses pelatihan atau pendidikannya selama ini berlangsung sebulan, kemudian dipersingkat menjadi dua pekan.

Setiap September setiap tahun dibuka pendaftaran, kemudian diselenggarakan seleksi ketat, pendaftarnya selalu membludak hingga mencapai rata-rata 400-an pendaftar.

Kedepan juga diagendakan setiap peserta pendidikan dan latihan, benar-benar memiliki keakhlian khusus, antara lain di bidang “SAR”.

Institusinya berprinsipkan “netralitas”, sama sekali tak bernuansakan politis, melainkan semata-mata mewujudkan generasi muda terbaik, demikian antara lain penggagas dan pemilik wahana KBN Garut, Sofyan, menambahkan.

*******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here