Kaum Perempuan Garut Dominasi Penempatan Tenaga Kerja

0
28 views
Arief Rachman.

Garut News ( Senin, 19/11 – 2018 ).

Arief Rachman.

Kaum perempuan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, mendominasi penempatan tenaga kerja di dalam, dan luar negeri mencapai 5.541, sedangkan penempatan laki – laki 987 tenaga kerja.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja pada “Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi”(Disnakertrans) kabupaten setempat, Arief Rachman, S.Sos katakan, totalitas penempatan tenaga kerja tersebut berlangsung selama rentang waktu Januari hingga akhir Oktober 2018.

“Sedangkan jumlah pencari kerja yang terdaftar mencapai 21.639 terdiri 10.586 laki – laki, dan 11.053 perempuan,” ungkap dia kepada Garut News di ruang kerjanya, Senin ( 19/11 – 2018 ).

Tenaga Kerja yang Bakal Berangkat Ke Korea Selatan Asal Garut ini, Sempat “Merem” Menyebutkan Penghasilannya Bisa Mencapai Puluhan Juta Setiap Bulannya.

Arief Rachman juga mengemukakan, dari 3.021 tenaga kerja penempatan di dalam negeri terdiri 408 laki – laki, dan 2.613 perempuan.

Mereka bekerja pada 27 perusahaan dengan penyerapan terbanyak pada PT. Changshin Reksa Jaya mencapai 2.426 tenaga kerja meliputi 194 laki – laki, serta 2.232 perempuan.

Kemudian dari 3.307 tenaga kerja penempatan di luar negeri, masing – masing 2.828 perempuan, serta 479 laki – laki.

Mereka bekerja pada 11 negara dengan penyerapan terbanyaknya di Malaysia mencapai 84 tenaga kerja, terdiri 72 perempuan, dan 12 laki – laki.

Arief Rachman katakan pula, ragam upaya selama ini dilakukan jajarannya guna mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Garut.

Di antaranya, secara masif menyosialisasikan peluang kesempatan kerja maupun ketenagakerjaan, bahkan “membedah”  pencari kerja maupun memfasilitasinya dengan “Dunia Usaha – Dunia Industri” (DUDI).

Dengan sasaran antara lain mereka yang akan lulus menamatkan sekolah, kalangan usia produktif, serta diikutsertakannya para pencari kerja pada “Balai Latihan Kerja” (BLK).

Agar bisa memiliki bekal keterampilan memasuki dunia kerja, maupun berwiraswasta, imbuhnya.

Selain itu, senantiasa memberikan informasi yang prosfektif seputar peluang kerja ke luar negeri.

Dari capaian 6.528 totalitas penempatan tenaga kerja di dalam, dan luar negeri tersebut, mereka berlatar pendidikan yang beragam meliputi lulusan SD,  SLTP,  SLTA,  SMK, D3, dan S1.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here