Seputar Kantor Bupati/Wabup Garut Dijadikan Terminal Delman

by
Semakin Mengesankan Dijadikan "Terminal" Delman.

“Terang Benderang di Malam Hari, Kumuh dan Semrawut Sepanjang Siang Hari”

Garut News ( Ahad, 29/10 – 2017 ).

Semakin Mengesankan Dijadikan “Terminal” Delman.

********** Seputar komplek Kantor Bupati dan Wakil Bupati Garut pada perkantoran Setda kabupaten setempat, selama ini semakin mengesankan dijadikan “Terminal” jenis moda angkutan delman, juga semakin diperparah kian merebak-maraknya para “pedagang kaki lima” (PKL).

Antrian delman tersebut, bertengger pada lintasan Jalan Pahlawan sejak pagi hingga menjelang malam setiap harinya selama sepekan penuh, mulai SeninĀ  hingga Ahad. Sehingga mengepung pusat pemerintahan kabupaten ini.

Pada lintasan jalan itu pun kerap terjadi kemacetan lalu lintas setiap pagi, siang, dan bersamaan tuntasnya waktu bekerja, lantaran ruas badan jalan berkondisi dipersempit para PKL yang memangkalkan roda di sepanjang badan jalan.

Kumuh, dan Semrawut.

********* Sedangkan trotoar yang mengelilingi komplek perkantoran ini, dijadikan arena lesehan untuk para konsumen, yang tak hanya pada lintasan Jalan Pahlawan melainkan hingga nyaris sepanjang Jalan Patriot.

Menyusul Bupati, Wakil Bupati, Sekda juga Satpol – PP di Garut semakin mengesankan tak memiliki nyali maupun tak berdaya untuk menertibkannya, meski deretan PKL itu juga mangkal persis di depan Kantor Satpol – PP.

Kondisi ini, sangat tak berbanding lurus dengan mewahnya pencahayaan seputar pintu gerbang komplek perkantoran tersebut, yang sangat terang-benderang di malam hari. Tetapi sepanjang siangnya lingkungan sekitarnya kumuh, dan semrawut.

**********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.