Jurang Raksasa Tiga Kilometer Bawah Es Antartika

by

Garut news ( Jum’at, 17/01 – 2014 ).

).
Area di atas wilayah pegunungan di bawah es Ellsworth Subglacial Highlands di Antartika. (Newcastle University

Di bawah lapisan es Antartika tersembunyi jurang berkedalaman mencapai tiga kilometer, lebih dalam dan besar dari Grand Canyon.

Jurang itu ditemukan ilmuwan Inggris, memetakan Ellsworth Subglacial Highlands, sebuah wilayah pegunungan di bawah lapisan es Antartika bagian barat.

Tim ilmuwan Inggris, yakni dari Glaciology Centre Bristol University dan British Antartics Survey, menemukan jurang dalam tersebut, dengan bantuan teknologi penetrasi radar, dan satelit.

Observasi selama tiga musim, dan analisis hasil observasi menunjukkan adanya jurang sedalam tiga kilometer, sepanjang 298 kilometer serta lebar 24 kilometer.

“Bagi saya, ini menunjukkan betapa masih kecil area di permukaan planet kita diketahui,” kata Neil Ross dari Newcastle University, pimpinan tim studi.

“Penemuan dan eksplorasi lansekap tersembunyi, dan sebelumnya tak diketahui masih mungkin serta sangat menarik, bahkan sampai sekarang,” imbuhnya seperti dikutip IB Times, Selasa (14/01-2014).

Menurut Ross, jurang ini terbentuk ketika Antartika memisahkan diri dari daratan Bumi lain, sekitar 80 juta tahun lalu.

Ketika daratan memisah itu mencapai kutub, suhu turun drastis, tercipta gletser, dan akhirnya lansekap seperti jurang ini, terbentuk selanjutnya tertutup es.

Observasi membuahkan penemuan tersebut, upaya pertama melihat wilayah Antartika tersembunyi lapisan es.

Meski demikian, penemuan jurang dalam di bawah lapisan es bukan pertama kalinya.

Pada 2013 lalu, ilmuwan menemukan jurang raksasa di bawah lapisan es Greenland.


Penulis : Yunanto Wiji Utomo/Kompas.com