Jumlah Penderita DBD di Garut Meningkat ‘Sangat Tajam’

0
60 views
Masih Dirawat Inap di Puskesmas Balubur Limbangan.

Garut News ( Kamis, 31/01 – 2019 ).

Masih Dirawat Inap di Puskesmas Balubur Limbangan.

Bersamaan terjadinya peningkatan curah hujan sejak awal 2019, menjadikan jumlah penderita ‘Demam Berdarah Dengue’ (DBD) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, juga mengalami peningkatan ‘sangat tajam’.

Terbukti pada rentang waktu 1 – 31 Januari 2019 terdapat 73 penderita DBD ditangani UPT Puskesmas Balubur Limbangan, yang hingga Kamis sore (31/01-2019) masih ada sembilan pasien menjalani rawat inap.

Juga Masih Dirawat Inap.

“Padahal pada periode sama tahun sebelumnya, ‘Badan Layanan Umum Daerah’/BLUD ini hanya menangani 19 kasus,” ungkap Kepala UPT Puskesmas tersebut, dr Budi G. Basuki.

Sehingga pihaknya pun segera menyelenggarakan survey lapangan sekaligus mengadvokasi penduduk antara lain di lingkungan Ponpes Kudang, Ranca Panjang Neglasari, serta di Desa Pasirwangu.

dr. Budi G. Basuki.

Sebab dari ketiga titik lokasi itu, paling dominan penderita DBD selebihnya menyebar pada lokasi maupun desa lainnya, sehingga masih belum disebut ‘Kejadian Luar Biasa’ (KLB), katanya.

Sedangkan dari 73 kasus yang ditanganinya itu berusia dua hingga 63 tahun, ungkapnya.

Rawat Inap.

Kemudian dari Puskesmas DTP Leuwigoong diperoleh informasi, terdapat satu pasien tiba pukul 10.00 WIB yang terpaksa dirujuk ke RSU dr Slamet pada hari itu juga, Rabu (30/01-2019) pukul 13.00 WIB.

Lantaran pasien laki – laki berusia 15 tahun penduduk Kampung Matimbang Desa Sindangsari Leuwigoong tersebut, kadar trombositnya sangat rendah atau 36.000 dari kadar minimal harus dimiliki 150.000.

Disusul di Puskesmas Banyuresmi selama Januari 2019 terdapat sekitar enam pasien DBD berusia 3,5 hingga 60 tahun dengan lama rawat inap masing – masing berkisar 2-5 hari.

Namun seorang pasien laki – laki di antaranya yang berusia 60 tahun meninggal dunia di rumahnya dengan penyakit pesertanya asma, dan diabetes.

Selanjutnya informasi yang diperoleh Garut News di Puskesmas DTP Tarogong Kaler, hingga Kamis sore (31/01-2019), masih terdapat tiga pasien laki – laki penderita DBD yang masih menjalani rawat inap.

“Masih Bungkam”

Agus Dinar, S.Kep, MKM.

Kepala Seksi ‘Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular’ (P2PM) pada Bidang ‘Pencegahan dan Pengendalian’ (P2P) Dinkes kabupaten setempat, Agus Dinar, S.Kep, MKM saat ditemui masih enggan memberikan keterangan maupun klarifikasi.

Dia beralibi sesuai arahan kepala bidangnya untuk memberikan keterangan hanya bisa satu pintu, maka harus menunggu hingga Senin mendatang, setelah kepala bidang pulang dari perjalanan dinas, katanya.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here