Job Fair 2018 Garut Diserbu Ribuan Pencari Kerja

0
108 views
Arief Rachman, S.Sos Berdialog Dengan Pihak Penyedia Tenaga Kerja.

Garut News ( Selasa, 20/03 – 2018 ).

Arief Rachman, S.Sos Berdialog Dengan Pihak Penyedia Tenaga Kerja.

Penyelenggaraan “Job Fair 2018” yang diikuti sekitar 16 perusahaan berlangsung di Garut pada 20 – 21 Februari 2018. Pada hari pertama, Selasa (20/03-2018), diserbu sedikitnya 2.958 para pencari kerja.

Job Fair 2018 Garut.

Mereka yang berdatangan tersebut, terdiri lulusan SMP, SMA/Sederajat, Diploma Tiga, serta tamatan S1, sedangkan peluang kerja yang bisa diakses dari 16 perusahaan itu sekitar 1.000 tenaga kerja.

Demikian antara lain dikemukakan Kepala Seksi Penempatan Kerja pada Disnakertrans kabupaten setempat, Arief Rachman, S.Sos serta Mediator Hubungan Industrial, A. Yudi. T, SH, MH.

Rahma.

Rahma (21), lulusan Diploma Tiga mengemukakan, Job Fair 2018 Garut merupakan ajang bursa tenaga kerja yang dinilainya paling efektif dalam penyediaan sekaligus penyerapan tenaga kerja.

Dalam pada itu pula, pertumbuhan  penduduk  berdampak pada penyerapan tenaga kerja sektor formal maupun informal. Sehingga perlu terus berusaha agar pencari kerja segera mendapatkan pekerjaan, Antara lain menyelenggarakan  Bursa Kerja atau Job Fair 2018 di Halaman/ Ruangan Gedung Sasakadana.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut, Rd. H. Tedi, S.Sos, M.Si, katakan, Job Fair 2018 dilaksanakan bekerjasama dengan Kemenaker RI, diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran.

Berdasar data tahun 2017 tercatat sekitar 21.014 pencari kerja (pencaker), dan sebanyak 1.000 hingga 1.500 orang terserap pasar kerja.

Berdialog Dengan Pencari Kerja.

Kegiatan ini diikuti 16 perusahaan bergerak di bidang perdagangan dan industri, seperti : PT. Changshin Reksa Jaya, PT. Bina Artha Ventura, Sehati Group, Rumah Makan Cibiuk dan Bidang Perbankan seperti BPR KS, dan Mandala Multi Finance.

Kemenaker RI dan Disnakertrans Kabupaten Garut juga  melaksanakan edukasi bagi para pencari kerja, hal ini agar para pencari kerja terdorong untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas dalam menghadapi dunia kerja.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here