Jembatan Beserta Ruas Jalan Bungbulang Digerus Banjir/Longsor

0
40 views
Ilustrasi Melintasi Jembatan Darurat.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Jum’at, 11/11 – 2016 ).

Ilustrasi Melintasi Jembatan Darurat.
Ilustrasi Melintasi Jembatan Darurat.

Terdapat kerusakan lima jembatan lantaran tergerus banjir di wilayah Kecamatan Bungbulang menyebabkan tak bisa dilintasi beragam jenis kendaraan.

Kelima jembatan tersebut, jembatan pada lintasan jalan protokol sepanjang sekitar 15 meter lebar empat meter di Kampung Cisarun Hanjuang, selama ini menghubungkan Bungbulang dengan Kecamatan Mekarmukti menjadi raib tergerus banjir, maka kendaraan roda dua dan roda empat tak bisa melintasinya.

Kemudian jalan dekat Jembatan Cihikru Cibungur terputus akibat diterjang aliran Sungai Cirempang berpindah jalur.

Disusul jembatan di Kampung Sampalan sepanjang sekitar enam meter lebar tiga meter di Desa Gunamekar juga hanyut tergerus longsor dan banjir, mengakibatkan kendaraan tak bisa melewatinya.

Sedangkan jembatan lain pun rusak di Kampung Palahan tergerus banjir, serta jembatan gantung sepanjang 25 meter lebar dua meter di Kampung Awibulu Desa Margalaksana hanyut pula terbawa banjir.

Juga tercatat 80 rumah tertimbun, terancam longsor dan tertimpa pohon pada enam desa Bungbulang.

Rumah terancam tertimbun sebagian dan tertimpa pohon tercatat 80 unit tersebar pada enam desa, terdiri di Desa Margalaksana (10 unit), Cihikru (21 unit), Mekarbakti (tiga unit), Hanjuang (tujuh unit), Mekarjaya (37 unit), serta Gunamekar terdapat dua rumah.

*******

Pelbagai Sumber.