You are here
Janji Manis Gubernur/Wagub Jabar Belum Jelas BERITA UTAMA 

Janji Manis Gubernur/Wagub Jabar Belum Jelas

Bandung, Garut News ( Jum’at, 06/12 ).

Ilustrasi, Gubernur Jabar. (Foto: John).
Ilustrasi, Gubernur Jabar. (Foto: John).

Jajaran Pansus VIII DPRD Jawa Barat menilai delapan prioritas janji kampanye Gubernur/Wagub Jabar Ahmad Heryawan/Deddy Mizwar dimuat RPJMD tak memberi gambaran jelas, dan utuh merealisasinya.
“Sehingga, delapan program itu bagaimana cara agar Bappeda Jabar bisa membagi pada setiap OPD nantinya,” ungkap Ketua Pansus VIII DPRD Didin Supriadin, Kamis.

Pihaknya, kini mengkritisi RPJMD 2013-2018 lantaran banyak hal kudu dipertanyakan pada Bappeda saat membahas RPJMD tersebut, salah satunya delapan prioritas janji kampanye tersebut.

Sebagai contoh, pihaknya menanyakan penjelasan lebih rinci program sekolah gratis, beasiswa pemuda, tenaga medis, keluarga atlet, dan keluarga guru.

“Lantas apakah Pemprov punya database lengkap calon penerima beasiswa tersebut. Dan bagaimana porsi pembagian setiap orang, dan waktunya,” katanya.

Selain itu, target lain RPJMD tersebut membangun gedung kesenian dan GOR se-Jabar jika dibagi setiap tahun, paling tidak setiap tahun kudu terdapat lima gedung dibangun pada lima daerah.

“Bagaimana cara membagi setiap lima tahun. Kemudian berapa kabupaten/kota siap untuk itu,” katanya pula.

Karena itu, lantas apakah Pemprov mengomunikasikan hal ini dengan kabupaten/kota, terutama terkait kesiapan daerah, dan proporsi anggaran kudu disiapkan daerah.

“Untuk pembangunan stadion pada sejumlah daerah, juga banyak persoalan. Ini kudu dijelaskan,” imbuhnya, menyerukan.

Dikemukakan, realisasi delapan janji kampanye Gubernur/Wagub itu sulit terealisasi melihat besaran APBD Jabar lantaran tak cukup membiayai seluruh janji tersebut.

Karena itu pula, Pansus VIII berencana bersikap realistis, dan tegas pada Rapat Pleno DPRD Jabar diagendakan digelar pekan ini.

****** Pelbagai Sumber.

Related posts

Leave a Comment