Jaminan Kerahasiaan Seleksi CPNS Diragukan Kalangan Legislatif

0
76 views

Garut News ( Kamis, 27/11 – 2014 ).

Proses Seleksi CPNS di Garut. (Foto : John Doddy Hidayat).
Proses Seleksi CPNS di Garut. (Foto : John Doddy Hidayat).

Kalangan legislatif Kabupaten Garut, Jawa Barat, memertanyakan terjaminnya kerahasiaan soal pada seleksi CPNS di kabupaten setempat.

Lantaran, soal-soal isian tes tersebut terdapat pada server komputer di ruang khusus panitia. Kendati server komputer itu diklaim berkondisi aman sebab disegel.

“Kami awalnya mengira, soal isiannya itu langsung dari pusat secara online untuk diisi peserta. Siapa menjamin kerahasiaan soal ini? Siapa menjamin tak ada kebocoran? Memang server, ruang kelas, dan lainnya disegel saat akan dimulai tes, tetapi disegel siapa?” kata Sekretaris Komisi A DPRD Dadang Sudrajat, Rabu (26/11-2014).

Dia menilai seleksi CPNS dilaksanakan bersistem komputerisasi tak beda jauh dengan sistem tes sebelumnya. Sehingga tingkat kecurangannya juga tetap cukup tinggi.

“Kalaupun disegel, harusnya pakai nomor seri. Tak cukup hanya disegel begitu saja,” katanya.

Ungkapan nada keheranan juga dikemukakan seorang peserta tak mau disebutkan identitasnya. Dia semula mengira pengisian soal tes dilakukan secara daring dari Pusat.

Sebelumnya, Kabid Status Kepegawaian dan Pensiun (SKP) BKN Pusat, Sulastri mengklaim pelaksanaan tes CPNS kini berlangsung tak ada kecurangan.

Lantaran pelaksanaannya dilakukan terbuka dengan komputerisasi, katanya pula.

Bahkan ruangan pelaksanaan tes, dan perangkat komputer, serta kegiatan lainnya terkait tes CPNS tersebut dalam keadaan disegel.

“Jadi tidak mungkin ada kecurangan. Kan bisa lihat sendiri. Pintu masuk ruangan disegel dan terkunci. Lalu perangkat komputer, server dan lainnya pun dalam keadaan disegel. Tak hanya itu, semuanya dijaga polisi,” kata Sulastri, Senin (24/11-2014).

Jumlah peserta seleksi mencapai 1.258. Mereka bersaing memerebutkan 52 formasi lowongan.

Sedangkan Peluang menjadi PNS Pemkab Garut tetapi sama sekali tak dilirik, masing-masing oleh dokter spesialis anak, spesialis anastesi, spesialis bedah, spesialis kandungan, spesialis penyakit dalam, serta spesialis radiologi.

*******

Noel, Jdh.

*******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here