Jakarta – Garut Ditempuh Selama 12 Jam

0
7 views

Pelbagai Sumber/ Fotografer : John Doddy Hidayat.

Garut News ( Ahad, 19/07 – 2015 ).

Nagreg Macet.
Nagreg Macet.

Foto berita akhir pekan ini, memotret saratnya dinamika perjalanan panjang, juga sangat melelahkan dialami ragam kalangan pemudik, termasuk pemudik lokal serta wisatawan.

Mereka pulang ke kampung halaman atawa mengunjungi sanak-saudara di udik. Meski sangat menguras energi, biaya, pikiran juga menjadi sangat lamanya waktu tempuh.

Nagreg Macet Total.
Nagreg Macet Total.

Sepanjang Sabtu (18/07-2015), antara lain dialami Dedi bersama keluarganya terpaksa berupaya keras mengendalikan diri.

Lantaran perjalanan dengan kendaraan pribadinya dari Jakarta tujuan Garut, Jawa Barat, selama ini biasa ditempuh selama empat jam, menjadi 12 jam.

Kemacetan arus kendaraan selain kerap terjadi pada lintasan Tol Cipularang, juga di antaranya sejak belasan kilometer menjelang Nagreg Kabupaten Bandung.

Pemudik Lokal Garut Berwisata ke Tasikmalaya.
Pemudik Lokal Garut Berwisata ke Tasikmalaya.

Derasnya arus ragam kendaraan pada lintasan Selatan Jawa Barat sejak Cicalengka menuju Nagreg, berlangsung padat tersendat pada hari kedua Lebaran Idul Fitri 1436 H/2015 ini.

Sebab Jalan Nasional Bandung-Garut tersebut, menjadi sangat sarat dilintasi ragam kendaraan, termasuk angkutan penumpang umum bus besar dan kecil juga sepeda motor.

Kepadatan Arus Kendaraan Garut - Tasikmalaya.
Kepadatan Arus Kendaraan Garut – Tasikmalaya.

Sehingga antrean terjadi di turunan Nagreg disusul Jalan Cagak Nagreg dan jalur menuju Limbangan. 

Serta Kadungora, Garut menyusul adanya kondisi penyempitan jalan.

Kepadatan kendaraan terjadi pula pada gerbang keluar Tol Cileunyi. Selain banyaknya pemudik juga termasuk pemudik lokal dan kegiatan berwisata.

Naiki Truk Terbuka.
Naiki Truk Terbuka.
Antrian Panjang Kemacetan.
Antrian Panjang Kemacetan.
Jeda Sejenak.
Jeda Sejenak.

Banyak wisatawan berdatangan antara lain ke Taman Satwa Cikembulan Kadungora, Cipanas hingga obyek wisata di Tasikmalaya.

Maka Cileunyi – Garut – Tasikmalaya hingga Sabtu malam menjelang Ahad dini hari lama tempuh perjalanan mencapai belasan jam

*******