Instalasi Biogas Ponpes Yadul ‘Ulya Diuji Coba

0
8 views
M. Angga Tirta Membuka Keran Produk Biogas.
Dani, Benahi Bak Penampungan Kotoran Domba.

“Menjadikan Limbah Berkah”

Garut News ( Selasa, 11/02 – 2020 ).

Selesainya pemasangan instalasi biogas pada Ponpes/Kuttab Modern Digital Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Tarogong Kidul Garut kini mulai diuji coba, Selasa (11/02-2020).

Memercepat Penguraian Kotoran Domba.

Guna bisa secepatnya menjadikan limbah ‘berkah’ bagi kemaslahatan dengan upaya maksimal mengaplikasikan manfaat biogas dihasilkan aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik.

“Terutama limbah kotoran 82 ternak dari wisata edukasi kampung domba, limbah domestik, dan setiap limbah organik yang biodegradable berkondisi anaerobik,” ungkap Pimpinan Tahfidz Qur’an Garut, M. Angga Tirta.

Telisik Regulator Kapasitas Biogas.

Limbah berkah ini pun, selain bisa memenuhi kebutuhan bahan bakar kompor untuk memasak di dapur umum Ponpes, serta lampu penerangan, juga bakal dikembangkan pemanfaatannya memenuhi kebutuhan air panas, oven gas, genset, serta traktor tangan.

Bahkan menjadi wahana mewujudkan keterampilan kemandirian para santri, sehingga mereka tak hanya menguasai pendidikan keagamaan melainkan pula bisa mengembangkan kewirausahaan.

Lampu Penerangan Biogas.

“Tentunya dengan penambahan kelengkapan piranti penunjangnya,” imbuh M. Angga Tirta pula.

Dia pun berobsesi ke depan bisa memanfaatkan energi terbarukan, berasal dari “proses alam yang berkelanjutan”. Berupa tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here